Sukses

Motif Pemutilasi WN Korea Diduga Terlilit Utang

Setelah membunuh, pelaku melarikan uang Dollar AS serta mobil milik Kim Jeung.

Liputan6.com, Bekasi - Pelaku pembunuhan Kim Jeung sim (51) alias Mrs Liea, warga negara Korea yang tewas dimutilasi dan mayatnya ditemukan tanpa kepala di daerah Cianjur, Jawa Barat, 16 Maret 2014 lalu akhirnya tertangkap. Pelaku tak lain adalah mantan rekan kerja Kim Jeung, Albeno Sion Parulian Sarumpaet.

Kasubbag Humas Polresta Bekasi Kota AKP Siswo mengatakan, penyidik langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah yang dikontrak Kim Jeung selama 2 tahun terakhir. Berdasarkan keterangan Albeno, dirinya mengaku terlilit utang. Sehingga memaksanya datang ke rumah Kim Jeung.

Ketika itu ada seorang pembantu, namun ketika pembunuhan dilakukan, sang pembantu tidak melihat. Albeno membunuh Kim Jeung dengan cara menjerat lehernya dengan kabel mesin cuci. "Kemudian, dia memutilasi kepala korban memakai pisau cutter," kata Siswo kepada Liputan6.com di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/3/2014).

Siswo menegaskan, motif pelaku melakukan pembunuhan ini adalah karena terlilit utang yang membuatnya nekat membunuh Kim Jeung dan melarikan uang Dollar AS serta mobil milik Kim Jeung.

Pria berumur 31 tahun itu ditangkap petugas Polres Cianjur, Jawa Barat pada 23 Maret lalu di daerah Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Lokasi pembunuhan yang terjadi di Perumahan Kemang Pratama 2, Bekasi, Jawa Barat itu membuat penyidik Polresta Bekasi Kota, ikut membantu penanganan kasus ini.
 
Untuk sementara, kasus temuan mayat warga Korea ini jika dilihat dari olah TKP, pembunuhan diduga kuat tidak dilakukan di lokasi penemuan mayat. Lokasi penemuan mayat diduga hanya merupakan tempat pembuangan.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat, masih melakukan olah TKP di rumah korban di kawasan Perumahan Kemang Pratama 2 Bekasi.

Baca juga:

Korban Mutilasi Warga Korea Menghilang Sejak 3 Pekan

[VIDEO] Pembunuh Mayat Tanpa Kepala di Cianjur Ditangkap

Kepala WN Korea Dibuang di Cianjur, Badan di Cileungsi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.