Sukses

Kebakaran Hutan Riau, Menhut: Kami Masih Siaga

Kementerian Kehutanan mengingatkan polisi untuk segera menangkap pembakar hutan secara liar itu.

Liputan6.com, Tangerang - Indonesia masih siaga kebakaran hutan di Riau. Kementerian Kehutanan pun mengingatkan polisi untuk segera menangkap pembakar hutan secara liar itu.

"Kami masih terus siaga. Kebakaran hutan di Riau, belum sepenuhnya selesai ditangani," ungkap Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan saat kunjungan kerjanya di PT Indah Kiat, Tangerang Selatan, Selasa (25/3/2014).

Meski titik api dirasa berkurang, namun kebakaran yang mayoritas melanda gambut akan muncul kembali bila cuaca panas dan angin kencang. Untuk itu, Zulkifli meminta, agar pemerintah setempat tetap pantau ratusan titik api yang kemungkinan besar akan muncul kembali bila cuaca tak menentu.

"Titik api kan sebenarnya di luar kawasan dan sudah terdeteksi. Titiknya juga gampang dijangkau, makanya jika ada oknum yang membakar lagi, langsung ditindak," kata politisi PAN itu.

Menurutnya, sudah menjadi tradisi bila musim kemarau penduduk membuka lahan dengan cara dibakar. Efeknya, menyebar ke seluruh kawasan di Riau. "Tapi kami pastikan, untuk saat ini titik api sudah sedikit," tegasnya.

Selain menjaga munculnya titik baru, sambung Zulkifli, yang harus disiagakan adalah kabut asap yang menjadi imbas kebakaran. Ia menekankan, jangan sampai kabut asap kembali mengganggu jadwal penerbangan menuju Riau.

"Kabut asap jangan sampai menebal lagi. Agar jadwal penerbangan pesawat, dan kesehatan masyarakatnya, tak lagi terganggu," pungkas Zulkifli. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini