Sukses

MH370 Diduga Masuk Selat Malaka, TNI: Radar Kami Tak Deteksi

TNI AU memastikan radar mereka tidak menangkap keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang dinyatakan jatuh di Samudera Hindia.

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memastikan radar mereka tidak menangkap keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang dinyatakan jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

"Radar RI tidak menangkap," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (25/3/2014).

Memang, Malaysia menyimpulkan pesawat Boeing 777-200ER yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru itu jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

Lantas, mengapa radar militer Indonesia tak menangkap MH370? Apakah pesawat yang seharusnya terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing itu tidak melintasi wilayah Indonesia saat menuju Samudera Hindia? Hadi tak menjawab secara jelas. "Ya, radar kita tidak menangkap adanya MH370," tutur Hadi.

Sejumlah informasi muncul setelah pesawat MH370 raib pada 8 Maret silam. Salah satunya laporan intelijen yang menyebut pesawat itu berbelok ke arah barat saat menuju Beijing. Pesawat itu kemudian disebut menuju ke Selat Malaka.

Dari Selat Malaka, pesawat itu terbang ke arah Samudera Hindia atau ke arah Teluk Bengal. Setelah belasan hari pencarian, Malaysia berkesimpulan pesawat itu jatuh di Samudera Hindia bagian selatan. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Pesawat Malaysia Airlines Dibajak, Ini Rutenya

Benarkah Aksi Bunuh Jadi Pemicu Tragedi MH370?

PM Najib: MH370 Berakhir di Samudera Hindia Bagian Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.