Sukses

Ini Pernyataan Lengkap PM Najib soal Kepastian Nasib MH370

PM Malaysia Najib Razak pun berjanji menggelar jumpa pers besok atau Selasa (25/3/2014).

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kabar kepastian yang ditunggu-tunggu oleh keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 purna sudah. Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak pada Senin (24/3/2014) malam, akhirnya menyampaikan kabar mengenai nasib pesawat jenis Boeing 777-200ER tersebut.

Seperti dikutip dari Sidney Morning Herald, PM Najib menyatakan bahwa MH370 memang telah terbang menyusuri koridor selatan dan berakhir di bagian selatan Samudera Hindia. PM Malaysia mengatakan pula, Malaysia Airlines telah menginformasikan hal itu kepada para keluarga penumpang dan awak pesawat tersebut.

Hanya saja, Najib tidak merinci penyebab pesawat tersebut bisa terbang sampai sejauh itu menyimpang dari jalurnya. Najib pun berjanji menggelar jumpa pers besok atau Selasa (25/3/2014).

Berikut keterangan lengkap PM Najib:

"Malam ini saya telah dibriefing oleh wakil-wakil dari Air Accidents Investigation Branch (Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris/AAIB). Mereka menginformasikan pada saya bahwa Inmarsat, perusahaan Inggris yang menyediakan data satelit yang menunjukkan koridor utara dan selatan, telah melakukan kalkulasi lebih jauh mengenai data tersebut".

"Memakai satu jenis analisis yang tidak pernah digunakan sebelumnya dalam penyelidikan semacam ini, mereka mampu lebih menyingkapkan jalur penerbangan MH370.

"Berdasarkan pada analisis terbaru mereka, Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa MH370 telah terbang di sepanjang koridor selatan, dan posisi terakhirnya di tengah-tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth (Australia).

"Ini lokasi yang terpencil, jauh dari kemungkinan adanya situs pendaratan. Untuk itu dengan penuh sedih dan penyesalan saya harus menginformasikan kepada Anda bahwa menurut data baru ini, penerbangan MH370 berakhir di selatan Samudera Hindia."

"Kami akan menggelar konferensi pers besok dengan rincian lebih jauh. Sementara waktu ini, kami ingin menginformasikan kepada Anda perkembangan baru ini pada kesempatan awal."

"Kami membagi informasi ini sebagai bagian dari komitmen pada keterbukaan dan penghormatan kepada para keluarga (penumpang pesawat), dua prinsip yang menuntun penyelidikan ini".
 
"Malaysia Airlines telah berbicara kepada para keluarga penumpang dan awak untuk menginformasikan perkembangan ini".

"Bagi mereka, beberapa pekan terakhir telah memilukan; Saya paham kabar ini pasti sulit (diterima). Saya meminta media untuk menghormati privasi mereka, dan memberi mereka ruang yang mereka butuhkan dalam masa yang sulit ini." (Ant)

Baca juga:

PM Najib: MH370 Berakhir di Samudera Hindia Bagian Selatan
Objek Diduga Puing MH370 di Samudera Hindia Segera Diambil
Kapal Australia Dekati 2 Objek Diduga Bagian MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini