Sukses

Objek Diduga Puing MH370 di Samudera Hindia Segera Diambil

Tim pencari kembali menemukan objek diduga puing pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Tim pencari kembali menemukan objek diduga puing pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370. Temuan itu didapat dari pencarian terbaru oleh tim pencari Australia.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Transportasi Hishammuddin Tun Hussein mengatakan, ada 2 objek yang ditemukan. Objek pertama berwarna oranye dengan panjang sekitar 1 meter. Satu objek lainnya berwarna putih.

"Kedua objek itu belum terverifikasi dengan jelas dan belum bisa dipastikan terkait MH370," ujar Hishammuddin, seperti dimuat The Star, Senin (24/3/2014). Kedua objek itu terlihat oleh personel Angkatan Laut Australia (HMAS). Namun mereka belum bisa menuju ke lokasi tersebut.

Terkait objek persegi putih oleh China di Samudera Hindia, Hishammuddin mengatakan, kedua objek itu berbeda dengan yang ditemukan Australia pekan lalu. Tapi kemungkinan besar bisa diambil beberapa jam kemudian.  "HMAS sudah berada di sekitar lokasi temuan 2 objek itu. Kemungkinan objek itu bisa diambil beberapa jam ke depan atau paling lambat besok pagi," ujarnya.

Sebelumnya  ada 3 satelit yang menemukan objek diduga puing MH370 di Samudera Hindia dekat Australia, yakni satelit Australia, China, dan Prancis. Ketiga temuan itu memberikan petunjuk lebih jelas soal dugaan lokasi Boeing 777-200ER itu di Samudera Hindia yang berada di Koridor Selatan pencarian.

Tim pencari Australia sebelumnya juga sempat melihat sabuk dan palet atau undakan kayu saat mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia, dekat Perth pada Sabtu 22 Maret 2014.

 Memasuki hari ke-17 pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, China dan Jepang turun tangan. China menurunkan 2 pesawat Ilyushin IL-76 dan Jepang mengerahkan 2 pesawat P3 Orion untuk membantu pencarian tim Australia di Samudera Hindia.

Sementara Australia mengerahkan 10 pesawat ke titik 2.500 km barat daya Perth, Australia. Di antaranya adalah 2 pesawat Bombardier Global Express dan 1 Airbus. Amerika Serikat menyebar 'robot' pencari blackbox atau kotak hitam pesawat di Samudera Hindia. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

`Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370

Dukun Vs Teknologi Canggih Cari Pesawat MH370

Satelit Prancis Juga Tangkap Objek Diduga Puing MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.