Sukses

Dukun Vs Teknologi Canggih Cari Pesawat MH370

Berbagai upaya dilakukan oleh tim gabungan dari 26 negara untuk mencari dan menemukan pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER MH370.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Berbagai upaya dilakukan tim gabungan dari 26 negara untuk mencari dan menemukan pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370. Mulai dari peralatan canggih, seperti pesawat, kapal laut, kapal selam, robot penyelam, hingga satelit beresolusi tinggi.

Tak hanya itu. Dukun pun turun tangan. Adalah Ibrahim Mat Zin, seorang bomoh (sebutan dukun di Malaysia) yang mengerahkan ilmu supranaturalnya demi menemukan pesawat MH370. Dua kepala, teropong bambu, karpet, dan tongkat ajaib dikerahkan demi menemukan burung besi yang mengangkut 239 orang itu.

"Kami menggunakan perangkap ikan dan teropong bambu untuk mencari korban agar ditemukan sesegera mungkin," kata Zin seperti dimuat Bernama. "Selama berdoa, mata saya sakit dan penglihatan saya gelap. Saya kira pesawat masih berada di udara atau jatuh ke laut."

Namun aksi sang bomoh menuai kecaman dari sejumlah pihak, baik dari Malaysia maupun luar negeri. “China mengerahkan 20 satelit sementara Malaysia mengandalkan dukun,” sindir pengguna Weibo, situs serupa Twitter di China.

Di sisi lain, kecanggihan teknologi manusia tak lekas menyingkap selubung misteri keberadaan Boeing 777-200ER dan nasib 239 orang di dalamnya. Baca selengkapnya di "Liputan Khusus Liputan6.com": `Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370 (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Malaysia Airlines MH006 Mendarat Darurat di Hong Kong

Pencarian `Menantang` Pesawat MH370 Hari ke-17 di Samudera Hindia

Lokasi Objek Diduga Puing MH370 Berdasarkan Satelit Prancis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini