Sukses

Jokowi Masuk 50 Pemimpin Terhebat Dunia Versi Majalah AS

Majalah terkemuka AS, Fortune memasukkan nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo itu sebagai salah satu dari 50 pemimpin terhebat dunia.

Liputan6.com, Washington DC- Leadership atau kepemimpinan Jokowi kembali diakui dunia. Majalah terkemuka Amerika Serikat, Fortune memasukkan nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo itu sebagai salah satu dari 50 pemimpin terhebat dunia, untuk edisi 7 April 2014

Nama Jokowi bersanding dengan tokoh besar dunia lainnya, seperti mantan Presiden AS Bill Clinton, Kanselir Jerman Angela Merkel, pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi, dan pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus.

Dalam daftar pemimpin terhebat versi Fortune itu, Jokowi menempati urutan ke-37. Sementara peringkat pertama dipegang oleh Paus Fransiskus.

"Pada tahun 2005, eksportir mebel itu terpilih sebagai Walikota Solo, kota di Indonesia yang dihuni oleh 500 ribu orang. Jokowi dikenal berhasil membersihkan kota dan korupsi yang mengakar," tulis Fortune, yang dikutip dari CNN, Senin (24/3/2014).

"Popularitasnya melesat cepat. Pada 2012, ia menjadi gubernur Jakarta. Kini ia menjadi capres favorit pada Pilpres Juli 2014," sambung Fortune.

Jokowi sebelumnya pernah masuk dalam daftar 25 walikota terbaik sedunia dalam rilis yang dipublikasikan The City Mayors Foundation, London, Inggris. Pria berusia 52 tahun itu juga meraih peringkat 3 sebagai walikota terbaik dunia versi situs worldmayor.com.

Kinerja Jokowi juga beberapa kali masuk laporan media asing. Seperti New York Times yang melaporkan blusukan Jokowi lewat artikel bertajuk "In Indonesia, a Governor at Home on the Streets" edisi 25 September 2013.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

World Mayor 2012: Jokowi Peringkat 3 Walikota Terbaik Dunia

`Jokowi, Nelson Mandela Indonesia`

Aksi Blusukan Jokowi `Disanjung` The New York Times

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini