Sukses

Embun Pekat Alihkan 2 Penerbangan dari Pekanbaru ke KL

Bukannya karena kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan, melainkan lintasan bandara diselimuti embun pekat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Aktivitas penerbangan di Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, Riau kembali terganggu pada Jumat (21/3/2014) pagi. Bukannya karena kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan, melainkan lintasan bandara diselimuti embun pekat.

"Akibat embun pekat itu, 2 kedatangan terpaksa dialihkan ke Kuala Lumpur dan Batam, Kepulauan Riau. Pesawat yang dialihkan adalah Maskapai AirAsia dari Bandung ke Kuala Lumpur dan Citilink dari Jakarta ke Batam," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Ibnu Hasan di ruangannya, Pekanbaru, Riau.

Dijelaskan Ibnu, jarak pandang karena embun berkisar 800 meter. Itu hanya menghalangi pendaratan dan tidak keberangkatan dari Pekanbaru menuju berbagai kota di Indonesia.

"Tadi sudah ada beberapa pesawat yang terbang. Embun ini hanya menghalangi kedatangan. Dan embun ini tidak sama dengan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan," tegas Ibnu.

Menurutnya, pesawat yang dialihkan akan kembali lagi ke Pekanbaru saat cuaca cerah. "Sebentar lagi akan mendarat di Pekanbaru karena cuacanya sudah cerah," kata Ibnu.

Sejak kemarin, jelas Ibnu, semua maskapai di Pekanbaru sudah beraktivitas normal. "Tidak ada lagi pembatalan dan penundaan. Kabut asap sudah menipis dan tidak menghalangi jarak pandang," pungkas Ibnu. (Ismoko Widjaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini