Sukses

Puing MH370 Ditemukan? Kemenhan RI: Australia Masih Belum Yakin

Hingga kini temuan yang didapat dari radar Australia di perairan Perth belum bisa dipastikan sebagai puing dari MH370.

Liputan6.com, Jakarta - Penemuan 2 benda yang terlihat di lepas pantai Perth, Australia yang diduga puing pesawat Malaysia Airlines MH370 memunculkan spekulasi baru. Apalagi wilayah perairan yang berada di Samudera Hindia itu merupakan lokasi di luar jalur rute penerbangan MH370 Kuala Lumpur-Beijing, China.

Namun, hingga kini temuan yang didapat dari radar itu belum bisa dipastikan sebagai puing dari MH370. Dari keterangan pejabat Australia kepada pihak Indonesia, negara itu masih membatasi keterangan sebagai penemuan benda yang belum diketahui jenis dan asal usulnya.

"Mereka masih belum yakin dengan temuan itu. Satelit mereka belum bisa melihat secara jelas, karena benda itu kecil," jelas Kapuskom Publik Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Sisriyadi kepada Liputan6.com, Kamis (20/3/2014) malam.

Saat ini, lanjut Sisriyadi, pihak Australia sedang mengerahkan kapal serta pesawat mereka ke lokasi yang ditunjukkan oleh satelit.

"Kapal dan pesawat mereka sudah menuju ke sana, mereka ingin melihat lebih dekat objek yang dimaksud, dibantu dengan pesawat Amerika Serikat juga," ujarnya.

Pemerintah Australia merilis gambar yang diambil oleh satelit pada tanggal 16 Maret, terkait kemungkinan puing-puing pesawat yang terlihat sekitar 2.500 km (1.500 mil) arah barat daya dari Perth. Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengungkapkan, penemuan salah satu obyek yang diperkirakan berdimensi 24 meter itu kredibel dan penting. (Muhammad Ali)

Baca juga:

Informasi Objek Diduga Terkait MH370 Kredibel Tapi Belum Pasti

Puing MH370 di Laut Australia? Pengamat: Ada Andil Manusia

Australia Rilis Foto Satelit Puing Diduga Malaysia Airlines MH370

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini