Sukses

Angin Puting Beliung Hancurkan Rumah di Jember dan Bali

Hujan deras yang mengguyur disertai angin kencang dan suara gemuruh memporak-porandakan rumah warga di Jember dan Bali.

Liputan6.com, Jember - Hujan deras disertai angin kencang dan suara gemuruh memporak-porandakan rumah warga. Para warga yang tinggal di perkampungan Jember, Jawa Timur, itu tak menyangka rumah mereka hancur karena angin puting beliung yang datang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (20/3/2014), para warga langsung berlarian menyelamatkan diri saat genting dan atap rumahnya mulai berhamburan. Para warga yang rumahnya rusak parah mengungsi ke rumah tetangga yang rumahnya masih aman dan selamat.

Meski di malam gelap karena listrik padam, para korban angin puting beliung tetap berusaha menyelamatkan harta benda yang tersisa. Akibat kejadian itu, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara itu, ngin puting beliung juga menumbangkan tiang listrik dan pohon di Jalan Denpasar-Gilimanuk, Bali. Akibatnya, aliran listrik dan telpon langsung terputus. Angin juga merobohkan sebuah Pura. Pagar luar Pura itu rusak berat lantaran tertimpa bangunan yang roboh.

Menurut BMKG Wilayah III Denpasar, Bali, angin puting beliung atau angin kencang yang menerjang Bali disebut angin 'gusty'. Angin kencang dengan kecepatan 34 knot per jam itu melanda hampir seluruh wilayah Bali, seperti Denpasar, Badung, Jembrana, dan sekitarnya. (Raden Trimutia Hatta)

Baca Juga:

Foto Bencana Pangkalan Bun di`like` Banyak Orang

172 Titik Api di Riau Berhasil Dipadamkan 

[VIDEO] Proyek Tol Porong-Gempol Ambles Sepanjang 70 Meter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.