Sukses

Cari MH370, KSAU Bakal Bertemu Panglima Malaysia

Demi membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, TNI Angkatan Udara terus menjalin komunikasi yang intens dengan Malaysia.

Liputan6.com, Palembang - Demi membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, TNI Angkatan Udara terus menjalin komunikasi yang intens dengan pemerintah Malaysia. Dalam beberapa hari ke depan, TNI AU bakal menggelar pertemuan dengan Panglima AU Malaysia.

"Pagi tadi saya sudah melakukan komunikasi dengan Panglima AU Malaysia, besok atau lusa kita akan bertemu langsung beserta perwakilan dari pemerintah Malaysia," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (19/3/2014).

Dia menyatakan, koordinasi dengan Panglima AU Malaysia akan terus dilakukan untuk menjalin kerja sama antarnegara demi memperluas pencarian MH370. Untuk pembahasan besok akan difokuskan pada konsep operasi pencarian yang baru dengan penetapan wilayah yang akan diperkirakan.

"Kita statusnya masih dalam tahap pencarian. Dan kita besok akan bahas dimana lokasi yang akan diberikan untuk TNI AU Indonesia mencari. Sasarannya pencarian saat ini juga semakin fokus di Samudera Hindia. Jadi kita lihat lagi perkembangan selanjutnya," tuturnya.

Mengenai informasi nelayan Aceh yang mengaku menemukan MH370, Ida Bagus akan menginstruksikan pesawat F16 yang berpusat di Medan untuk mengitari beberapa perairan terdekat untuk melacak pesawat milik Negeri Jiran itu.

"Ada sekitar 2-4 pesawat yang sedang latihan sekarang di permukaan langit Medan. Kita menugaskan personel yang ada di sana supaya ikut membantu pencarian jika ada waktu luang setelah latihan," pungkas Ida Bagus. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Seandainya Malaysia Airlines MH370 Tak Pernah Ditemukan...

Warga Maladewa Lihat Pesawat Terbang Rendah, MH370?

Horor...Hilangnya Malaysia Airlines Mirip Kisah Buku `Pulau Mati`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.