Sukses

RI Dituduh Sembunyikan Pesawat MH370, SBY Angkat Bicara

Indonesia disebut sengaja menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan pesawat Malaysia Airlines MH370.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pemberitaan Harian Utama Malaysia pada 17 Maret 2014, Indonesia disebut sengaja menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hingga kini belum ditemukan. Menanggapi berita miring tersebut, Presiden SBY menyatakan tidak seharusnya hal itu ditujukan ke Indonesia.

"Ini perlu dijelaskan gamblang supaya tidak ada berita yang tidak benar beredar, saya kira tidak perlu ada kecurigaan seperti itu," ungkap SBY dalam Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/3/2014).

Ia menjelaskan, selama ini Indonesia akan terus mendukung upaya pencarian pesawat MH370 yang mengangkut 239 orang yang 7 di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

"Permintaan Malaysia terhadap Indonesia untuk ikut membantu mencari pesawat yang belum ketemu, saya ingin mendapatkan laporan dari Menteri Luar Negeri dan pejabat terkait meskipun sudah kita penuhi," tegas SBY.

Tidak hanya itu, SBY menambahkan, Indonesia juga telah melaksanakan apa yang diminta Malaysia mengenai penyerahan profil 7 WNI yang menjadi penumpang MH370. Dari sekian penumpang, Presiden juga memastikan bahwa keseluruhan WNI tidak memiliki catatan kriminal sedikit pun.

"Saya sudah mendapatkan laporan dari Menkopolhukam bahwa tidak ada yang aneh dari warga negara kita, tekait terorisme tidak ada," tukas SBY. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini