Sukses

Radar Militer Thailand Tangkap Sinyal Diduga Pesawat MH370

Data ini baru diungkap karena militer Thailand tidak memerhatikan sinyal yang tertangkap radar itu.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Radar militer Thailand menangkap sinyal dari sebuah pesawat yang diduga milik maskapai Malaysia Airlines yang hilang pada Sabtu 8 Maret lalu. Data ini baru diungkap karena militer Thailand tidak memerhatikan sinyal yang tertangkap radar itu.

Laman Malaysian Insder, Rabu (19/3/2014), memberitakan, radar militer Thailand menangkap sinyal pesawat yang tidak teridentifikasi yang terbang mengarah ke Selat Malaka. Sinyal itu tertangkap beberapa saat setelah sinyal transponder-alat komunikasi-pesawat MH370 mati.

Juru Bicara Angkatan Udara Thailand Montol Suchookorn mengatakan tidak tahu apakah sinyal yang tertangkap itu berasal dari pesawat Boeing 777-200ER yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru yang hilang itu.

Montol mengatakan negaranaya baru mengungkap data ini karena memang tidak terlalu memerhatikan sinyal itu. "Sebab kami tidak memperhatikannya. Angkatan Udara Kerajaan Thailand hanya memperhatikan sesuatu yang mengancam negara kami," kata Montol.

Media Malaysia menulis tak ada temuan baru dari data militer Thailand itu. Hingga saat ini proses pencarian terus dilakukan. Sejumlah negara dilibatkan untuk mencari pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing yang dipiloti oleh Zaharie Ahmad Shah ini.

Baca juga:

Indonesia Bantah Tuduhan Menutupi Radar Malaysia Airlines

Marah, Keluarga Penumpang MH370 Ancam Mogok Makan

Indonesia Pimpin Pencarian Malaysia Airlines MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.