Sukses

Jokowi Nyapres, Ini Nama-nama Cawagub DKI?

Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka dan Walikota Tri Rismaharini santer disebut-sebut sebagai calon wagub DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PDIP Boy Bernardi Sadikin mengungkapkan nama-nama kader PDIP yang berpotensi menjadi calon wakil gubernur mendampingi Basuki Tjahaja Purnama, jika Jokowi mundur sebagai Gubernur untuk maju dalam Pilpres 2014.

Di antaranya, politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka dan Walikota Tri Rismaharini yang santer disebut-sebut sebagai calon wagub DKI. Bahkan, Basuki alias Ahok sendiri juga pernah menyebutkan nama keduanya.

Kemudian, ada pula nama Ketua DPD PDIP Pusat Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Tubagus Hasanuddin, dan Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur Bambang DH.

"Kan banyak. Ada Rieke Diah Pitaloka, ada Jarot, ada Bambang DH, Tubagus Hasanuddin. Banyak (calon Wagub DKI)," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDIP DKI itu mengatakan, jika masyarakat menginginkan figur militer, partainya juga memiliki kader dengan latar belakang militer. Seperti mantan Komandan Pusat Teritorial ABRI Adang Ruchiatna Puradiredja dan Tubagus Hasanuddin yang merupakan mantan Sekretaris Militer kepresidenan. "Kan militer juga ada kita. Pak Adang, TB Hasanudin juga militer," imbuh putra almarhum Ali Sadikin ini.

Jokowi diusung PDIP untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2014. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, Jokowi tidak harus mengundurkan diri selama mengikuti capres dan hanya cukup nonaktif sementara dari jabatan. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Ahok: Jokowi Tak Perlu Mundur Jika Jadi Capres

Ahok Sarankan Jokowi Ambil Cuti Panjang

Jadi Capres PDIP, Jokowi: Nonaktif Atau Mundur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini