Sukses

Malaysia dan AS Selidiki Dugaan Pilot MH370 Bunuh Diri

Kapten pilot Zaharie diketahui baru saja bercerai dengan istrinya. Hal itu menuai dugaan bahwa sang pilot bunuh diri.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Kepolisian Malaysia tengah menginvestigasi segala kemungkinan yang ada terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370 sejak Sabtu 8 Maret 2014. Salah satu kemungkinan tersebut adalah kapten pilot Zaharie Ahmad Shah (53) atau kopilot Fariq Abdul Hamid (27) bunuh diri.

"Ya, kita tengah mencari tahu kebenaran hal itu," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein, seperti dimuat The Malay Mail, Selasa (18/3/2014).

Kapten pilot Zaharie diketahui baru saja bercerai dengan istrinya. Hal itu menuai dugaan bahwa sang pilot bunuh diri karena tengah depresi. Namun Hishammuddin menolak menjelaskan dugaan itu lebih detail. "Yang pasti tes psikometrik (tes kejiwaan) sudah dilakukan karena menjadi standar penerbangan untuk pilot," tegas Hishammuddin.

Pemerintah Malaysia saat ini juga menyelidiki kemungkinan lain, seperti pesawat dibajak atau disabotase oleh teroris. Intelijen Malaysia juga menyelidiki dugaan tersebut bersama negara lain.

Polisi Malaysia sebelumnya telah menggeledah rumah kapten pilot Zaharie dan menemukan adanya alat simulator penerbangan. Polisi Negeri Jiran masih menyelidiki untuk apa adanya alat tersebut.

Pemerintah Amerika Serikat juga tengah menyelidiki dugaan bahwa pilot bunuh diri. Anggota Kongres AS dari Partai Republik Peter King mengatakan pihaknya tengah menginvestigasi dugaan bunuh diri itu.

"Ada dugaan yang kini berkembang bahwa pilot atau kopilot bunuh diri. Bisa saja jika pesawat memang tak ditemukan, mungkin ada aksi bunuh diri di balik hal itu," ujar Peter King.

Pencarian pesawat MH370 pada hari ke-11 ini difokuskan di kawasan Samudera Hindia, Selat Malaka, dan Teluk Benggala, India setelah diketahui pesawat tak melintas Laut China Selatan.

Putri Pilot Terpukul

Tak tahan mendengar banyaknya pemberitaan miring terkait sang ayah. Putri kapten pilot penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines Kapten Zaharie Ahmad Shah, Aishah Zaharie akhirnya terbang kembali ke kampung halamannya dari Melbourne.

"Ia kembali ke Malaysia dari Australia, tempat tinggalnya sejak 2010," demikian dilansir dari mirror.com.uk, Selasa (18/3/2014).

Kata sang teman, Aishah kini telah berada bersama keluarganya. "Spekulasi seputar ayahnya seperti membunuh keluarganya," kata seorang teman Aishah yang tak disebutkan namanya.

"Pada media internasional yang menulis tentang Kapten Zaharie tidak benar [dan] konyol. Dia pria yang baik dan ayah yang penuh kasih untuk anak-anaknya. Apa yang telah dilaporkan dalam berita oleh media internasional... sangat membuat frustasi. Mereka (yang) menunggu untuk menyalahkan pilot. Spekulasi seperti ini membunuh keluarganya," beber teman Aishah itu. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Putri Pilot MH370: Berita Tentang Ayah `Membunuh` Keluargaku

Pesawat Malaysia Airlines Jadi Alat Teror ala `9/11` di India?

Pesawat MH370 Mendarat di Pulau `Rahasia`? Ini Kata Malaysia

Politisi Malaysia Tawarkan Diri Jadi Sandera Pembajak MH370

Politisi AS: Pesawat MH370 Mendarat di Indonesia dan Jadi `Rudal`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini