Sukses

Pesan Kapolri kepada Kabaharkam Baru

Sutarman mengingatkan jajaranya untuk tetap waspada menjaga ketertiban keamanan. Ini karena masih ada ancaman terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Sutarman melantik mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Putut Eko Bayuseno menjadi Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Putut menggantikan Komjen Badrodin Haiti yang diangkat menjadi Wakapolri.

Dalam amanatnya Sutarman, mengingatkan kepada jajaranya untuk tetap waspada menjaga ketertiban keamanan. Ini karena masih ada ancaman terorisme di beberapa wilayah.

"Perkembangan situasi beberapa bulan belakangan, maraknya Kamtibmas, terorisme yang terjadi di beberapa wilayah dan berkembang di daerah lainnya termasuk Aceh," ujar Sutarman di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Selain itu masih maraknya pencurian, terutama illegal logging dan bentrok massa juga menjadi perhatian Sutarman. Karena itu, kata dia, butuh penanganan yang cepat dan mengutamakan langkah-langkah pencegahan.

"Kami juga terus melakukan pengungkapan kasus kekerasan terhadap pospol (pos polisi)," ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Sutarman berharap, Kabaharkam baru yang juga mantan ajudan Presiden SBY itu tak ragu bersikap dan dapat menguatkan kembali fungsi kemampuan dan keterampilan Polri dalam pengaturan, maupun penjagaan di tengah menghadapi tantangan. "Saya berharap tidak ragu dalam mengambil sikap," tegas dia.

Sutarman juga melantik Irjen Dwi Priyatno sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Putut. Dwi sebelumnya merupakan Kapolda Jawa Tengah.

Posisi Dwi akan digantikan Brigadir Jenderal Noer Ali yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Barat. Sedangkan posisi Kapolda Sumbar akan ditempati Brigjen Bambang Sri Herwanto yang saat ini menjadi Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Polri.

Brigjen Budi Hartono Untung yang saat ini menjadi Kapolda Bangka Belitung juga dilantik menjadi Widya Iswara di Sespim Polri. Posisi Budi di Babel digantikan oleh Brigjen Gatot Subyaktoro yang saat ini Direktur Tindak Pidana tertentu di Bareskrim Polri.

Kepada 4 Kapolda, Sutarman berharap mengedepankan budaya tolong menolong di seluruh jajarannya. "Para Kapolda diharapkan ada pembangunan sikap dan kepemimpinan yang mengedepankan budaya tolong-menolong di seluruh jajarannya," tandas Sutarman. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Kapolri Lantik Irjen Putut Jadi Kabaharkam

Anwar Ibrahim Jawab Isu Terlibat Hilangnya Malaysia Airlines

Putri Pilot MH370: Berita Tentang Ayah `Membunuh` Keluargaku

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini