Sukses

"Barong Landong" Ondel-ondel ala Bengkulu

Sepasang Landong lanang dan betine menggunakan busana kemanten adat Bengkulu

Liputan6.com, Bengkulu - Ada yang menarik dari puncak peringatan hari jadi ke 295 Kota Bengkulu. Sepasang boneka besar mirip ondel-ondel yang biasa disebut Barong Landong terlihat mencolok.

Barong dengan postur besar menari gemulai menyambut para undangan menuju Gedung DPRD di kawasan Bentiring Kota Bengkulu Senin 17 Maret 2014.

Ketua Badan Musyawarah Adat Sulian Effendi mengatakan, kesenian ini berasal dari Kelurahan Tanjung Agung Pasar Genting Suku Lembak.

"Ini warisan leluhur yang bisa dimainkan saat masyarkat lembak beerduka ria seperti panen padi, menyambut tamu agung dan kegiatan besar lain," ujar Effendi.

Sepasang Landong lanang dan betine menggunakan busana kemanten adat Bengkulu bertabur lengkap dengan "singgal" atau sanggul setinggi 2,5 meter.

Bentuk tarian yang dibuka dan ditutup dengan gendang serunai yang melodis seirama dengan gerakan tari diikuti pukulan alat musik kletang, redap, dan gong dengan irama nyanyian burung lanting.

"Nyanyian sepasang burung lanting yang datang sebelum musim hujan tetap menjasi pedoman sebelum masuk masa menanam benih," kata Effendi. (Eko Huda Setyawan)

Baca juga:

Negeri Leluhur Fatmawati Soekarno Siapkan Panggung Politik Jokowi

Kabut Asap Riau Menipis, SBY Dijadwalkan Mendarat di Pekanbaru

Eks Bupati Baru Bebas dari Kasus Korupsi, Anak Tewas Tenggelam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini