Sukses

Ahli Kontraterorisme Duga Pesawat MH370 Dibajak Pakai Ponsel

Teka-teki keberadaan Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370 belum terpecahkan.

Liputan6.com, London- Teka-teki keberadaan Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370 belum terpecahkan. Dugaan adanya pembajakan tengah bergulir setelah sistem komunikasi diketahui dimatikan dari dalam pesawat.

Ahli kontraterorisme Inggris Sally Leivesley menduga jika benar terjadi, pembajakan dilakukan menggunakan ponsel atau USB flashdisk. Menurut dia, cara yang disebut "Cyber Hijack" atau pembajakan siber itu bisa saja terjadi pada saat ini.

"Ini kemungkinan yang bisa saja terjadi. Saya menyebutnya pesawat pintar, menggerakkan pesawat menggunakan sinyal elektronik," jelas Sally, seperti dimuat Dailymail, Senin (17/3/2014).

Pesawat MH370 setelah mengalami hilang kontak terlacak menurunkan ketinggian, lalu berbelok ke barat atau keluar jalur penerbangan. Pesawat mengarah ke Samudera Hindia.

Sally berpendapat, kecepatan, ketinggian, dan arah pesawat bisa dikendalikan sinyal radio dari perangkat remote kecil. Sebuah kode aksi siber yang diciptakan teroris dunia maya hanya dengan memasukkannya ke sistem dalam pesawat.

"Saat pesawat sedang mengudara, Anda bisa mengatur komando ke pesawat, saat sistem sudah dikendalikan," ujar ahli intelijen tersebut.

Sejak ditemukan adanya dugaan pembajakan pesawat, polisi Malaysia langsung menggeledah rumah kapten pilot MH370 Zaharie Ahmad Shah. Dari ruangan di rumah Zaharie, ditemukan seperangkat alat simulator penerbangan. Polisi kini masih menyelidiki buat apa alat tersebut digunakan pilot 58 tahun itu.

Selain itu, polisi juga menggeledah rumah kopilot MH370 Fariq Abdul Hamid. Juga sejumlah petugas bandara yang terlibat dalam penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Pencarian saat ini terus dilakukan, dan meluas ke Samudera Hindia dan Teluk Benggala, India. Malaysia meminta bantuan 25 negara untuk menemukan pesawat yang mengangkut 239 penumpang tersebut. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Kata Terakhir MH370 Diucap Setelah Sistem Komunikasi Dimatikan

Politisi AS: Pesawat MH370 Mendarat di Indonesia dan Jadi `Rudal`

MH370 Dibajak Pilot yang Protes Vonis Anwar Ibrahim?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini