Sukses

[VIDEO] Lezatnya Nasi Goreng Rawon Asli Surabaya

Nasi goreng sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia. Lalu bagaimana jika nasi gorengnya ditambah rawon?

Liputan6.com, Surabaya Bosan dengan nasi goreng biasa, seorang juru masak atau chef di sebuah hotel di Pandigiling, Surabaya, Jawa Timur, Ervin Triana mencoba membuat nasi goreng dengan bahan rawon.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (17/3/2014), selain unik, rasanya juga lezat dan mengundang selera.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Sama seperti membuat nasi goreng biasa. Yang berbeda tentu saja bahan tambahan yang digunakannya, yaitu kluwek. Kluwek merupakan bahan dasar pembuatan rawon.

Untuk membuat nasi goreng rawon, terlebih dulu siapkan bumbu-bumbunya. Antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, kunir, kunyit, daun jeruk, kluwek, dan garam. Juga tambahkan bahan lain seperti daging, telur asin, rempah-rempah timur tengah dan toge panjang.

Semua bahan ini digiling dan dicampur jadi satu. Bumbu yang sudah digiling kemudian ditumis. Setelah bumbu matang, masukkan nasi. Kemudian aduk sampai tercampur rata.

Setelah nasi dan bumbu tercampur rata, masukkan daging sapi, toge panjang, irisan cabe rawit, bumbu rempah asal timur tengah dan garam secukupnya.

Campuran bahan dasar rawon dan rempah timur tengah membuat rasanya unik dan tentu saja lezat. Di Surabaya, seporsi nasi goreng rawon ini dijual Rp 48 ribu. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

[VIDEO] Meriahnya Festival Tumpeng di Solo

[VIDEO] Nyaaam! Lezatnya Mie Koclok Khas Cirebon

Ditemani Megawati, Jokowi Kampanye di Surabaya Senin Esok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini