Sukses

[VIDEO] Aktivitas Slamet Berlanjut, Warga Diimbau Gunakan Masker

Gunung Slamet di Jawa Tengah terus menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Meski aktivitas dalam skala kecil, warga diimbau menggunakan masker.

Liputan6.com, Pemalang Sudah sepekan lebih Gunung Api Slamet terus menunjukan peningkatan aktivitas vulkaniknya. Bahkan 2 hari terakhir, gunung yang berada di perbatasan Pemalang dan Brebes ini mulai menyemburkan abu vulkanik dan lava pijar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (17/3/2014), meski baru berstatus Waspada atau level III, Gunung terbesar di Jawa Tengah ini terus menyemburkan abu vulkanik.

Petugas pengamat Gunung Api Slamet di Pos Gambuhan, Pemalang mengatakan, letusan abu dan lava pijar dalam skala kecil itu mengisyaratkan aktivitas vulkanik gunung masih terus berlangsung.

Meski tergolong letusan kecil, pemerintah Kabupaten Pemalang terus mengikuti perkembangan aktivitas gunung. Warga yang tinggal di kaki Gunung Slamet pun diminta untuk selalu waspada, dan menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah.

Beberapa hari terakhir, sejumlah desa di Kecamatan Moga dan Pulosari sudah dilanda hujan abu yang disertai bau belerang yang cukup menyengat. (Tanti Yulianingsih)

Baca juga:

[VIDEO] Letusan Abu Vulkanik Gunung Slamet Meningkat

[VIDEO] 21 Pendaki Gunung Slamet Akhirnya Dipulangkan

Gunung Slamet Berstatus Waspada, Warga Diimbau Tak Terpancing Isu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini