Sukses

Soal Kabut Asap, SBY Minta Perusahaan di Riau Tanggung Jawab

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memanggil seluruh pimpinan perusahaan di Riau yang lahannya terbakar.

Liputan6.com, Pekanbaru - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memanggil seluruh pimpinan perusahaan di Riau yang lahannya terbakar. Dia akan meminta pertanggungjawaban atas kabut asap yang muncul akibat kebakaran lahan tersebut.

"Semua perusahaan akan saya panggil dan membahas kebakaran yang terjadi. Perusahaan harus bertanggung jawab, bagaimana ke depannya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Riau," kata SBY di Lanud Roemin Nurjadin Pekanbaru, Sabtu (15/3/2014).

Menurut SBY, terjadinya kebakaran hutan dan lahan merupakan ulah orang yang tak bertanggung jawab. SBY minta aksi pembakaran lahan dan hutan dihentikan, seluruh masyarakat harus diberi kesadaran.

"Bagaimana masyarakat dan perushaan tidak membuka kebun dengan membakar. Ini harus dihindari, supaya tidak ada lagi kabut asap di Riau, tahun depan," tegas dia.

"Kasihan masyarakat yang tidak bersalah. Masyarakat Riau harus menghirup udara yang tidak sehat karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab," tambah SBY.

SBY berkunjung ke Riau untuk meninjau langsung penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap. SBY meminta pemerintah daerah dan Satgas penanganan kabut asap bekerja dengan cekatan. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Tiba di Riau, SBY Langsung Pimpin Rapat Penanggulangan Kabut Asap

14 Tersangka Tertangkap Tangan Bakar Lahan Riau

Hujan Mulai Turun, Kabut Asap Riau Tetap Pekat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini