Sukses

Kabut Asap Riau, 3 Penerbangan ke Bengkulu Dibatalkan

Asap tebal akibat kebakaran hutan di Riau juga menyelimuti Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu- Asap tebal akibat kebakaran hutan di Riau juga menyelimuti Bengkulu. Akibatnya penerbangan pun terhambat. Sebanyak 3 penerbangan yang menuju Bangkulu pagi ini dibatalkan demi keselamatan.

Pihak Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu membatalkan 3 penerbangan yakni Garuda Indonesia dengan nomor GA 297, Citylink dengan nomor penerbangan SG 955 dan Lion Air dengan nomor penerbangan JT 363.

Petugas lalu lintas udara Bandara Fatmawati Bengkulu Ricki Ruswanda mengatakan, pembatalan ini terpaksa dilakukan karena jarak pandang sangat jauh di bawah normal.

"Terjadi kondisi smoke di bawah VOR minimal yang diizinkan untuk melakukan pendaratan, yaitu 2,2 VOR, kita tidak mau mengambil risiko," ujar Ricki di Bengkulu, Sabtu (15/3/2014).

VHF Omnidirectional Range (VOR) adalah fasilitas navigasi penerbangan yang bekerja dengan menggunakan frekwensi radio. VOR dapat digunakan untuk menuntun pesawat menuju bandara.

Ricki menjelaskan, berdasarkan aturan untuk runway 13 Bengkulu, penerbangan harus dilakukan dalam kondisi udara normal. Pihak Bandara terus melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk melakukan pemantauan perkembangan pergerakan asap.

"BMKG mengizinkan untuk pendaratan di atas jam 11 siang. Itu pun masih belum pasti," tandas Ricki.

Baca juga:

Pantau Penanggulangan Kabut Asap, SBY ke Riau Sore Ini

Kabut Asap Masih Selimuti Bandara Sultan Sayarif Kasim II

Padamkan Kebakaran Lahan Riau, BNPB Kerahkan 4 Batalion TNI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini