Sukses

Pantau Penanggulangan Kabut Asap, SBY ke Riau Sore Ini

"Presiden akan melihat langsung operasi di lapangan dan setelah itu akan menyerahkan kepada Kepala BNPB," kata Sutopo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berkunjung ke Riau untuk memantau langsung proses penanganan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. SBY akan menempuh jalur darat dari Padang ke Riau.

"Sore ini Bapak Presiden akan berkunjung ke Riau via Padang. Dari Padang menggunakan jalur darat ke Riau," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (15/3/2014).

"Presiden akan melihat langsung operasi di lapangan dan setelah itu akan menyerahkan kepada Kepala BNPB," tambah dia.

Untuk operasi pemadaman titik api, BNPB dibantu 1 brigade TNI atau sekitar 2.500 personel dari Jakarta. Satu brigade TNI itu berasal dari 4 batalyon, yaitu 2 batalyon AD, 1 batalyon AU, dan 1 batalyon AL.

"Sabtu pagi pukul 08.00 WIB dilakukan apel kesiapsiagaan pasukan TNI di Lanud Halim Perdanakusuma," tutur dia.

"Panglima TNI dalam pengarahannya agar TNI melaksanakan operasi militer selain perang secara total. Musuh kalian saat ini adalah api dan asap," tambah Sutopo.

Sebelumnya, SBY mengultimatum Pemerintah Daerah Riau untuk segera mengatasi kabut asap. SBY mengancam akan mengambil alih penanganan kabut Asap jika Pemda Riau tidak bisa menangulanginya.

Baca juga:

Padamkan Kebakaran Lahan Riau, BNPB Kerahkan 4 Batalion TNI

SBY Ultimatum Pemda Riau, Ancam Ambil Alih Penanganan Kabut Asap

Kabut Asap Semakin Parah, SBY: Bukan Faktor Cuaca!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.