Sukses

RZ Berikan Layanan Kesehatan 5.786 Masyarakat Pekanbaru

Hingga hari ini, Jumat (14/03) RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan berupa masker dan layanan kesehatan untuk 5.786 orang.

Liputan6.com, Pekanbaru Hingga hari ini, Jumat (14/03) RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan berupa masker dan layanan kesehatan untuk 5.786 masyarakat di Kota Pekanbaru. Layanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan secara umum, pemeriksaan gula darah, dan pemberian makanan tambahan untuk balita.

“Kami sudah mulai membagikan masker sejak Februari kepada para pengguna jalan, pasien RBG Pekanbaru, dan sekolah-sekolah disertai pengarahan tentang bahaya kabut asap. Kali ini bukan hanya pembagian masker tapi juga memberikan layanan kesehatan,” ujar Rico selaku program head RZ Pekanbaru. Dari hasil pemeriksaan tim kesehatan RZ, mayoritas penerima manfaat mengeluhkan sakit kepala, dada, dan sesak nafas, hal ini dikarenakan jumlah oksigen yang semakin menipis.

Dampak kabut asap ini pun mengakibatkan banyak sekolah meliburkan siswanya, seperti halnya di SD Juara Pekanbaru, sudah sebulan lamanya siswa tidak masuk sekolah karena kondisi udara yang tidak kondusif untuk kegiatan balajar mengajar. “Sudah hampir sebulan siswa kita tidak masuk sekolah, kemarin sempat masuk sehari, karena kabut asap masih pekat terpaksa mereka kami pulangkan,” tutur Suriksodi Saputro kepala sekolah SD Juara Pekanbaru (13/03).

Suriksodi menambahkan hujan merupakan harapan satu-satunya untuk memadamkan api dilahan gambut. Usaha pemadaman yang dilakukan dengan sistem water bombing pun menurutnya tidak akan maksimal jika lahan terbakar tersebut berada pada dearah yang bergambut. Ini menjadi salah satu alasan SD Juara Pekanbaru mengadakan sholat istisqa di Komplek Masjid Baitul Makmur Jl Wartasari Tengkerang Selatan Pekanbaru.

Penulis:

Sri Agustina

Baca Juga:

Jokowi Resmi Capres, Timeline di Twitter Riuh

Onliner Peduli Asap Riau dengan #MelawanAsap

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.