Sukses

Getaran Hebat Terdeteksi di Laut, Pesawat MH370 Tenggelam?

Tremor atau guncangan terjadi di dalam laut dekat Perbatasan Malaysia dan Vietnam sekitar 1 jam setelah pesawat dinyatakan hilang kontak.

Liputan6.com, Beijing- Sejumlah upaya pencarian dan penyelidikan hilangnya Malaysia Airlines Boeing 777-200 ER dengan nomor penerbangan MH370 terus dilakukan sejumlah pihak, termasuk Malaysia dan China.

Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Sains dan Teknologi China, diketahui ada gempa tremor atau guncangan terjadi di dalam laut dekat perbatasan Malaysia dan Vietnam sekitar 1 jam setelah pesawat dinyatakan hilang kontak.

Dijelaskan dalam situs Universitas Sains dan Teknologi itu, tim peneliti Wen Lianxing mendeteksi aktivitas seismik di laut tersebut pada pukul 02.55 waktu setempat, sekitar 1,5 jam setelah pesawat MH370 hilang pada 01.30 waktu setempat.

"Satu dari dua dugaan lokasi gempa itu sekitar 116 km dari timur laut lokasi dugaan terakhir," demikian pernyataan tim peneliti tersebut, seperti dimuat The Star, Jumat (14/3/2014). Namun tak disebutkan di mana yang dimaksud lokasi terakhir.

Pencarian terakhir oleh tim gabungan dilakukan di sekitar Selat Malaka, arah barat dari jalur penerbangan pesawat MH370 dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, China.

"Jika tremor itu memang disebabkan karena pesawat menabrak laut, berarti intensitas kegempaan jelas menunjukkan bahwa insiden hilangnya pesawat itu merupakan bencana," jelas laporan tim yang terdiri dari 4 ilmuwan China itu.

Memasuki hari ketujuh pencarian, pesawat Malaysia Airlines belum ditemukan. Upaya pencarian diperluas ke Samudera Hindia di sebelah barat dari Selat Malaka. Angkatan Laut AS mengerahkan kapal ke Samudera Hindia setelah ada laporan sinyal pesawat terdeteksi oleh satelit bergerak ke arah barat.

"Fokus upaya pencarian bergeser dari Laut China Selatan setelah Gedung Putih mengatakan informasi baru, menunjukkan pesawat itu mungkin telah turun ke arah barat di Samudera Hindia," demikian pernyataan AS yang dimuat Channel News Asia. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Satelit Tangkap Sinyal Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang

Kisah Hilangnya Adam Air, 3 Hari Muncul Petunjuk

Perbandingan Malaysia Airlines dengan Adam Air yang Hilang Misterius

Pesawat-pesawat yang Hilang Misterius

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini