Sukses

Aksi Kedua `Raja Bomoh` Cari Pesawat MH370 di Bandara

Bomoh Ibrahim Mat Zin, dukun yang ikut serta dalam pencarian pesawat Boeing 777-200ER kembali muncul di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Liputan6.com, Sepang - Bomoh Ibrahim Mat Zin atau yang dikenal dengan 'Raja Bomoh Sedunia Nujum VIP', dukun yang ikut serta dalam pencarian pesawat Boeing 777-200ER kembali muncul di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Seperti yang telah dijanjikan olehnya, kemunculan kali ini adalah untuk melakukan sesi kedua ritual, untuk membantu menemukan pesawat Malaysia Airlines (MAS) yang hilang sejak 8 Maret 2014.

Dikutip Liputan6.com dari The Star, Ibrahim yang bergelar Datuk Mahaguru membawa seperangkat `alat pendukung` ritual. Barang-barang yang dibawa mulai dari air zam-zam, 2 buah kelapa, sebuah tongkat ajaib, sampai 'karpet ajaib'.

Fungsi benda yang terakhir diklaim sebagai alas untuk dia dan asistennya melakukan ritual. Ritual yang digelar di Anjung Tinjau dari KLIA itu pun menarik perhatian para penggunan bandara. Sehingga mereka berkerumun di sekitar lokasi ritual itu.

"Tujuan dari ritual ini adalah untuk melemahkan roh jahat, sehingga para penyelamat dapat menemukan pesawat jika memang telah jatuh," kata Ibrahim.

Pada sesi itu, Ibrahim juga mengatakan ritual simbolis yang dilakukannya bukan pertama kali dilakukan. Melainkan telah digunakan selama beberapa generasi.


Ibrahim menjelaskan, ia melakukan ritual tersebut atas kemauannya sendiri. Bukan atas undangan pemimpin atau siapa pun. Sebelumnya pada Senin 10 Maret, Ibrahim menggunakan teropong yang terbuat dari bambu dan kail perangkap ikan selama sesi pertama ritual pencarian pesawat yang membawa 239 penumpang itu.

Kala itu, ia berjanji akan kembali dalam 2 hari untuk menggelar ritual keduanya pada hari Kamis 13 Maret. Dan ia telah menepati janjinya. Menurut media lokal Bernama, Ibrahim yang telah malang melintang di dunia supranatural selama 50 tahun menjadi populer setelah menawarkan layanan untuk mencari para korban di beberapa kasus besar seperti: tragedi Highland Towers dan kasus pembunuhan Mona Fendy serta kemunculan buaya pucung.

Dikecam

Aksi Ibrahim yang begitu bersemangat melakukan pencarian pesawat MH370, ternyata dikecam oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin. Khairy mengaku tidak senang dengan ritual-ritual yang dilakukan Ibrahim untuk menemukan keberadaan pesawat milik MAS itu.

"Seseorang harus menangkap mereka, orang-orang `karpet ajaib bomoh`, " kicau Khairy di situs mikroblogging Twitter pribadinya.


Khairy juga menuliskan, bahwa ia telah memberitahu Menteri di Departemen Perdana Menteri yang bertanggung jawab atas urusan Islam, Datuk Seri Jamil Khir Baharom. Ia meminta agar pihak kemanterian itu mengambil tindakan terhadap Ibrahim cs.

Jakim, national department of Islamic development (sebuah departemen terkait pembangunan Islam di Malaysia) juga telah mengeluarkan pernyataan bahwa metode yang dilakukan bomoh bertentangan dengan praktek-praktek Islam. (Ismoko Widjaya)

Baca Juga:

Raja Bomoh, Paranormal Malaysia yang Turut Cari Pesawat MH370

Aliran Sesat Menjamur di Selangor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini