Sukses

[VIDEO] Gunung Slamet `Batuk` Lagi, Abu Vulkanik Setinggi 1 Km

Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah, terus meningkat. Pagi tadi gunung ini menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter.

Liputan6.com, Pemalang 2 Hari setelah dinyatakan berstatus Waspada, aktivitas Gunung Slamet terus meningkat. Sejak Selasa 11 Maret 2014 malam hingga pagi tadi, tercatat sudah terjadi 244 kali embusan asap serta 10 kali gempa vulkanik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (12/3/2014), bahkan sekitar pukul 07.00 WIB, dari kawah gunung api tertinggi di Jawa Tengah tersebut kembali terlontar abu vulkanik.

Letusan abu vulkanik setinggi lebih dari 1.000 meter atau 1 kilometer tersebut mengarah ke 2 wilayah di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Tegal dan Brebes. Warga di 2 lokasi ini diimbau untuk waspada, menyusul arah angin yang berembus ke wilayah mereka.

Sementara, 19 pendaki asal Jakarta yang Senin petang lalu mendaki ke puncak Gunung Slamet, pagi tadi sudah berhasil dievakuasi tim gabungan SAR dan TNI dalam kondisi selamat.

Saat dievakuasi, semua pendaki tersebut berada dalam radius 2 kilometer dari kawah gunung yang dinyatakan sebagai jarak bahaya Gunung Slamet. (Anri Syaiful)


Baca juga:

Gunung Slamet Menggeliat, 19 Pendaki dari Jakarta Dievakuasi

3 Desa di Lereng Gunung Slamet Terkena Hujan Abu

[VIDEO] Status Waspada, Pendakian Gunung Slamet Ditutup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.