Sukses

Antemortem Keluarga Ferry WNI Penumpang Malaysia Airlines Belum Diambil

Tim DVI masih menunggu 1 sampel antemortem keluarga korban penumpang Malaysia Airlines

Liputan6.com, Jakarta - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia Mabes Polri masih menunggu 1 sampel antemortem dari keluarga korban penumpang Malaysia Airlines. Sejauh ini, sudah ada 6 keluarga asal Indonesia yang sudah diambil sampel antemortemnya.

Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto mengatakan, berdasarkan manifes jumlah WNI yang ikut dalam penerbangan Malaysian Airlines yang dinyatakan lost contact pada hari Sabtu 8 Maret lalu ada 7 orang. Penyidik telah melakukan pemeriksaan untuk antemortem termasuk Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) terhadap 6 keluarga korban yang berada di Medan dan Jakarta.

"Tinggal yang satu lagi keluarga Ferry (Ferry Indra Suadaya) yang belum diambil (antemortem dan DNA) nya," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Belum diambilnya antemortem dan DNA milik keluarga Ferry korban pesawat boing 737-200 itu, lantaran sang istri Ferry sudah berangkat menuju Kuala Lumpur, Malaysia, untuk mengetahui perkembangan upaya pencarian pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu.

"Karena kebetulan istrinya sudah keburu berangkat ke Kuala Lumpur, sehingga yang tinggal anaknya (di Jakarta), yaitu anak dan orangtuanya," ujar Agus.

Sebelumnya, Tim DVI Mabes Polri, sudah melakukan pemeriksaan antemortem termasuk DNA terhadap 4 keluarga penumpang. Terdiri dari keluarga penumpang asal Medan, Sumatera Utara, Vinny Chyntyatio Vinny (47), Firman Chandra Siregar (25) Sugianto Lo (47) dan satu yang di Jakarta,  Indrasuria Tanurisam (57).

Kemudian, Tim DVI menindaklanjuti lagi dengan mengambil sampel 2 keluarga penumpang lainnya di Jakarta, Herry Indra Suadaya (35) dan Willy Surijanto Wang (53).

"Sudah kita tindaklanjuti. Jadi, yang 2 lainnya (Herry dan Willy) sudah kita berhasil temukan data untuk langkah-langkah lebih lanjut," ujar Agus.

Mabes Polri berharap dengan data yang dimiliki, proses selanjutnya akan lebih mudah. Hanya tinggal menunggu hasil perkembangan pencarian oleh pihak terkait di lokasi yang diduga hilangnya pesawat jenis Boeing 777-200 bernomor penerbangan MH370 itu.

Menurut Agus, jika memang hasilnya seperti yang tak diinginkan misalnya terjadi musibah, maka DVI Polri sudah siap. Tentunya dengan harapan dan doa agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. "Kita masih menunggu perkembangannya," pungkas Agus.

Adapun 7 penumpang asal Indonesia yang keluarganya telah diidentifikasi oleh tim DVI Mabes Polri, dari Medan, keluarga Firman Chandra Siregar, keluarga Sugianto Lo, dan keluarga Ferry Indra Suadaya. Sedangkan dari Jakarta adalah keluarga Indra Suria Tanurisam, Herry Indra Suadaya, Willy Surijanto Wang dan Chynthyatio Vinny. (Rizki Gunawan)

Baca juga:

[VIDEO] Keluarga Korban `Mantan WNI` Berangkat ke Kuala Lumpur

Polisi Pelajari Gerak-gerik Penumpang Malaysia Airlines

Keluarga Korban Tunggu Nasib Pesawat MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.