Sukses

Taman Safari Cisarua Sambut Kelahiran 3 Bayi Unta Berpunuk 2

3 Anak unta punuk 2 atau unta baktria lahir sekaligus dalam waktu yang berdekatan di TSI, Cisarua, Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Jika di Kebun Binatang Surabaya (KBS) banyak binatang yang mati sia-sia, berbeda dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Ada kabar gembira. 3 Anak unta punuk 2 atau unta baktria lahir sekaligus dalam waktu yang berdekatan.

Ke-3 unta betina dewasa yang didatangkan dari Moldova, melahirkan 2 anak, jantan dan betina. Untuk sementara, mereka diberi nama Vega, Robert dan Veronica. Vega unta jantan lahir pada 2 Maret 2014, sedangkan Robert yang juga unta jantan lahir pada 4 Maret, dan Veronica lahir pada 10 Maret.

Saat diwawancara Liputan6.com, Selasa (11/3/2014), Direktur Utama TSI Cisarua Jansen Manansang mengatakan, bertambahnya anggota baru di taman nasional ini adalah berkah bagi TSI. Boleh dibilang, kelahiran 3 anak hewan bernama Latin Camelus bactrianus dalam waktu berdekatan ini adalah hal yang baru di TSI Cisarua.

"Kalau di kebun binatang lain banyak yang mati, namun di sini (TSI) banyak yang lahir. Ini termasuk panen besar karena 3 unta lahir berturut-turut. Mereka lahir dari 3 unta punuk 2 betina dan 1 unta punuk 2 jantan," jelas Jansen.

Lebih jauh Jansen mengatakan, salah satu anak unta punuk dua tersebut berwarna putih. Kondisi cuaca di TSI ini mirip dengan kondisi cuaca di daerah asalnya, sehingga proses pengembangbiakan unta bisa berjalan efektif.

Selain itu, kabar gembira lainnya adalah masih ada 7 unta punuk 2 betina yang sedang hamil dan siap melahirkan dalam waktu dekat ini. "Hingga sekarang total ada 20 unta yang ada di TSI ini. Sementara masih ada 3 unta punuk 2 lagi yang akan didatangkan dari Moldova," papar Jansen.

Sementara, Petrus selaku petugas jaga unta punuk 2 TSI Bogor mengatakan, proses saat kelahiran ke-3 unta tersebut berjalan lancar. "Tidak ada kendala apa-apa. Ke-3 anak unta masih mendapat asupan makanan menyusui kepada induknya," pungkas Jansen. (Shinta Sinaga)

Lihat juga:

[VIDEO] 17 Unta Berpunuk Dua Meriahkan Taman Safari
Unta Berpunuk Dua & Komodo Dragon Island Bikin Beda Taman Safari
[VIDEO] Taman Safari Datangkan 17 Unta Langka Berpunuk 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.