Sukses

Fokus Pencarian Pesawat MH370 di Selat Malaka

Memasuki hari keempat, proses pencarian pesawat MH370 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines dilanjutkan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Proses pencarian pesawat MH370 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines yang putus kontak pada Sabtu 8 Maret dini hari kembali dilanjutkan pagi ini. Kini jalur pencarian pun menemukan titik fokus yang baru.

"Tim pencarian dan penyelamatan telah memperluas ruang lingkup di luar jalur penerbangan. Fokus saat ini adalah di barat Semenanjung Malaysia, di Selat Malaka," demikian dikutip Liputan6.com dari situs resmi Malaysia Airlines di MalaysiaAirlines.com, Selasa (11/3/2014).

Menurut keterangan dari situs tersebut, posisi terakhir dari MH370 yang diketahui radar sebelum menghilang berada 065.515 Utara (garis bujur) dan 1.033.443 Timur (garis lintang).

Dalam misi pencarian dan penyelamatan pesawat Boeing 777-200ER ini, pihak Malaysia masih dibantu oleh berbagai negara yaitu: Australia, China, Thailand, Indonesia, Singapura, Vietnam, Filipina dan Amerika Serikat. "Total ada 9 pesawat dan 24 kapal dikerahkan dalam misi ini," jelas pihak Malaysia Airlines.

Selain dilakukan pencarian di laut, tim tersebut juga melakukan pencarian di daratan di beberapa daerah.

Hingga Selasa pagi ini, 227 penumpang termasuk 2 bayi dan 12 awak dalam pesawat yang hilang di perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing sekitar 1 jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional KL pada pukul 0.41 pada hari Sabtu 8 Maret belum juga ditemukan.

Sejauh ini, ada 7 WNI di  dalam pesawat yang seharusnya mendarat di Beijing, China pada Sabtu pukul 06.30 waktu setempat. Penumpang pesawat itu berasal dari Indonesia, Ukraina, China, Amerika, Malaysia, Selandia baru dan Prancis.

Ada 4 orang dicurigai sebagai penumpang 'gelap'. 1 Diantarnya disebut-sebut mirip pemain sepak  bola Italia, Mario Balotelli. Yang terbaru, ada kesaksian warga di Kelantan yang melihat ada cahaya berkecepatan tinggi di hari pesawat nahas itu hilang. (Ismoko Widjaya)

Baca Juga:

MH370 Hilang, 2 Warga Lihat Pesawat Terbang Rendah di Kelantan

1 Penumpang `Gelap` Malaysia Airlines Disebut Mirip Balotelli

Pencarian MH370 Makin Diperluas, dari Sumatera Sampai Hong Kong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini