Sukses

MH370 Hilang, 2 Warga Lihat Pesawat Terbang Rendah di Kelantan

Pihak berwenang di Malaysia mengaku mendapatkan nformasi dari warganya terkait pesawat nahas itu.

Liputan6.com, Kota Baru - Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 sudah memasuki hari ke-4 sejak hilang pada Sabtu 8 Maret 2014 dini hari. Kabar terbaru, pihak berwenang di Malaysia mengaku mendapatkan informasi dari warganya terkait pesawat nahas itu.

"Setidaknya 2 laporan dari masyarakat mengatakan mereka melihat sebuah pesawat terbang rendah, pada hari yang sama saat Malaysia Airlines MH370 lenyap," demikian dikutip Liputan6.com dari The Star, Selasa (11/3/2014).

Dalam laporan tersebut, salah satu yang melihat dan melaporkan adalah pemancing bernama Azid Ibrahim. Pria berusia 66 itu mengklaim dirinya melihat sebuah pesawat terbang rendah. Ketika itu ia sedang berada di laut dengan temannya, sekitar 14,4 km dari Kuala Besar di Pantai Cahaya Bulan, Kelantan pada hari Sabtu 8 Maret pukul 01.30 dini hari.

"Pesawat itu menuju perairan internasional. Pesawat itu terbang sangat rendah sehingga bisa melihat lampu sebesar kelapa," jelas Azid.

Saat itu dirinya sedang bersama temannya, Pak De. Sementara 5 pemancing lain sedang tidur di perahu.

Dalam sebuah laporan yang muncul di portal berita setempat yang berbahasa Inggris, seorang pria di Ketereh, yang masih wilayah Kelantan, atau sekitar 30 km selatan dari Kota Baru juga mengklaim melihat cahaya putih terang yang diyakini sebuah bayangan pesawat.

Pebisnis Alif Fathi Abdul Hadi meyakini itu adalah pesawat yang turun dengan kecepatan tinggi, pada pukul 01.45 di hari yang sama saat pesawat Malaysia Airlines MH370 itu hilang.

"Saya berada di kompleks rumah ketika melihat pesawat terbang rendah menuju Bachok dan turun dengan sangat cepat," ungkap pria berusia 29 tahun itu.

Alif menuturkan, ia malah baru mengetahui Pesawat Boeing 777 - 200ER milik Malaysia Airlines itu hilang pada hari berikutnya, Minggu 9 Maret. Lalu ia pun memutuskan untuk melaporankan penglihatannya di kantor Badan Penegakan Maritim Malaysia di Tok Bali, akhir Minggu malam.

Pesawat Boeing 777 - 200ER yang membawa 227 penumpang, termasuk 2 bayi dan 12 awak  hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing menghilang, sekitar 1 jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional KL pada pukul 0.41 pada hari Sabtu 8 Maret. Pesawat tersebut seharusnya mendarat di Beijing, China pada pukul 06.30 waktu setempat.

Sejauh ini, ada 7 WNI di  dalam pesawat itu. Dengan 4 orang dicurigai sebagai penumpang 'gelap'. Dan penumpang lainnya berasal dari Ukraina, China, Amerika, Malaysia, Selandia baru dan Prancis. (Ismoko Widjaya)

Baca Juga:

1 Penumpang `Gelap` Malaysia Airlines Disebut Mirip Balotelli

Teka Teki Kazem Ali, Pembeli Tiket `Penumpang Gelap` Pesawat MAS

China Kerahkan 10 Satelit Resolusi Tinggi Cari Malaysia Airlines

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.