Sukses

[VIDEO] Gubernur Riau Didesak Warga Segera Atasi Kabut Asap

200 warga mendatangi Kantor Gubernur Riau mendesak segera diatasinya kabut asap dan pencemaran udara.

Liputan6.com, Pekanbaru - Di tengah kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru, 200 warga mendatangi Kantor Gubernur Riau. Mereka mendesak gubernur segera mengatasi kabut asap dan pencemaran udara yang sudah pada tingkat bencana.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (11/3/2014), pendemo juga mendesak aparat penegak hukum bertindak adil dalam menindak pelaku pembakaran. Sebab hanya warga biasa yang diproses hukum, sementara perusahaan tertentu yang terlibat membakar hutan tidak mendapat sanksi.

Hingga Senin siang, kabut asap juga masih menyelimuti Bandara Sultan Syarif Kasim II, sehingga terpaksa ditutup karena terbatasnya jarak pandang.

Tebalnya kabut asap terjadi akibat Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu masih terbakar. Proses penyiraman air dari helikopter belum berhasil, meski sudah jadi prioritas.

Kawasan ini terbakar akibat pembakaran lahan secara sengaja dan masif, sementara itu pemerintah tidak mampu menghentikan. Akibatnya kawasan seluas hampir 100 ribu hektare terancam habis.

Di Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rapat kabinet terbatas meminta aparat penegak hukum segera menindak pelaku pembakar hutan yang telah menyebabkan bencana kabut asap.

Bagi warga Riau dan juga dari provinsi sekitarnya, kabut asap sudah sangat membahayakan. Meski sudah berlangsung lama, hingga kini pemerintah masih belum mampu mengatasi. (Rinaldo)

Baca juga:

Kabut Asap, Bandara Pekanbaru Batalkan 65 Jadwal Penerbangan

Gubernur Riau: Api Tak Padam-padam, Serahkan ke Yang Kuasa

Anggota TNI Beking Pembakar Hutan Biosfer Riau Diburu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.