Sukses

Hembuskan Abu Vulkanik, Gunung Merapi Masih Berstatus Normal

Meski ada peningkatan aktivitas, Merapi masih berstatus normal. Asap sulfatara berhembus pagi tadi dari gunung Merapi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunung Merapi sempat melakukan aktivitasnya dengan menyemburkan abu vulkanik pagi tadi sekitar pukul 07.08 WIB. Meski ada hembusan abu, status Merapi masih dinyatakan normal.

"Statusnya masih normal," kata Kepala Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Subandriyo, di kantornya, Yogyakarta, Senin (10/03/2014).

Subandriyo menegaskan, meski ada peningkatan aktivitas, Merapi masih berstatus normal. Hembusan asap sulfatara dari Gunung Merapi yang terjadi hari ini dipicu gempa yang terjadi di Malang, Jawa Timur, semalam.

"Normal, kita sudah lakukan kajian dan masih normal," jelasnya.

Kendati begitu, pagi pendaki hanya diperbolehkan sampai Pasar Bubrah. Hal ini dilakukan untuk keselamatan pendaki karena peristiwa hembusan asap sering terjadi di Merapi.

"Peristiwa ini sering terjadi pasca-erupsi tahun 2010 lalu. Sehingga bagi pendaki hanya sampai pasar Bubrah saja. Ini bisa terjadi setiap saat," kata Subandriyo. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini