Sukses

Gunung Merapi `Batuk`, Muncul Asap dan Hujan Abu

Gunung di Sleman, Yogyakarta, itu mengeluarkan asap yang membuat hujan abu dirasakan sebagian kecil di wilayah dekat Merapi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunung Merapi kembali beraktifitas. Gunung di Sleman, Yogyakarta, itu mengeluarkan asap yang membuat hujan abu dirasakan sebagian kecil di wilayah dekat Merapi.

Kepala BPPTKG Subandriyo mengatakan, gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa itu beraktifitas sekitar pukul 07.10 WIB. Ada hembusan asap dari gas vulkanik yang diwarnai abu pekat dengan ketinggian 1 km dari atas Merapi.

"Ya tadi sekitar pukul 07.10 WIB ada hembusan asap yang berasal dari gas vulkanik. Ini diwarnai abu pekat yang ketinggiannya mencapai 1 km dari atas Merapi," kata Subandriyo ketika dihubungi Liputan6.com, Senin (10/3/2014).

Namun, tegas Subandriyo, tidak ada aktifitas selanjutnya. "Tidak ada lanjutan setelah hembusan saat ini."

Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang karena status Merapi masih normal. "Tenang saja, masih normal," tukas Subandriyo.

Hembusan asap ini dirasakan sebagian wilayah di sebelah selatan Merapi dan di lereng timur dengan hujan abu tipis. Terpantau mendung disebelah selatan Merapi. Aktifitas Merapi sebelumnya juga terjadi pada 18 November 2013. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini