Sukses

[VIDEO] Meriahnya Lomba Ngaliwet di Sukabumi

Untuk melestarikan budaya Sunda yaitu Ngaliwet, sebuah lomba nasi liwet digelar di Cikembar, yang diikuti kaum Ibu-ibu dan pria.

Liputan6.com, Sukabumi - Untuk melestarikan budaya Sunda yaitu Ngaliwet, sebuah lomba nasi liwet digelar di Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Para peserta tidak hanya kaum ibu-ibu, tapi juga bapak-bapak yang mengharuskan peserta memakai baju dan berdandan ala wanita.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (10/3/2014), ada yang berbeda di lapangan kampung Sengom, Desa Bobojong, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Sejak pagi hari, ibu-ibu yang biasanya sibuk di dapur, justru disibukan merias kaum bapak-bapak yang sudah mengenakan pakaian wanita.

Sementara kaum wanitanya juga tak mau ketinggalan. Setelah selesai mengenakan pakaian ala pria, kaum ibu pun harus menyiapkan lauk pauk untuk dimasak.

Lauk pauk tersebut nantinya akan dihidangkan bersama nasi liwet yang dilombakan dalam ajang Ngaliwet atau lomba penyajian nasi liwet. Tapi sebelum acara dimulai, para peserta diharuskan berjoget terlebih dahulu.

Setelah musik berhenti, para peserta pun hanya diberi waktu 10 menit untuk menyajikan nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya. Tak hanya penampilannya, rasa nasi liwet hasil kreasi para peserta juga menjadi penilaian penting bagi para juri.

Selain untuk melestrarikan makanan khas sunda, lomba ngaliwet ini juga bertujuan untuk menjalin kekompakan sesama warga.

Dalam lomba ini justru kelompok kaum pria lah yang menjadi pemenangnya. Bagi para pemenang, panitia menyediakan hadiah menarik berupa uang tunai dan telepon genggam.

Baca juga:

[VIDEO] Lestarikan Kuliner dengan Lomba Masak Jenang

[VIDEO] Ketika Gordon Ramsay Dikalahkan Koki Kaki Lima

Polisi Lomba Masak Nasi Goreng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.