Sukses

WNI di Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang Jadi 7 Orang, Ini Nama Mereka!

Informasi terakhir yang diterima Kementerian Luar Negeri, jumlah WNI adalah 7 orang bukan 12. Tercampur dengan nama-nama penumpang India.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Nasib 239 orang yang ada di dalam pesawat Boeing 777 - 200ER  Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370, masih jadi teka-teki. Sebelumnya pihak maskapai negeri jiran mengumumkan bahwa ada 12 warga negara Indonesia dalam daftar penumpang.

Namun, informasi terakhir yang diterima Kementerian Luar Negeri tak demikian. "Informasi terakhir jumlah WNI adalah 7 orang bukan 12. KBRI sedang klarifikasi hal tersebut," kata Juru Bicara Kemenlu, Michael Tene kepada Liputan6.com, Sabtu (8/3/2014).

Liputan6.com menelusuri daftar manifes MAS penerbangan MH370 yang didapat dari situs The Star. Mereka yang berkode kewarganegaraan Indonesia (IDN) adalah

1. Suadaya Herryindra
2. Sugianto Lomr
3. Siregar Firman Chandra
4. Swadaya Ferryindra
5. Tanurisam Indrasuria
6. Vinny Chynthyatiomrs
7. Wang Willysurijanto

Sementara, ada juga 5 penumpang lain yang berkode (IND) atau India.

Sebelumnya, tak disebut warga India dalam pengumuman pertama pihak maskapai. "Pesawat Malaysia Airlines yang hilang mengangkut di antaranya 152 warga China, 38 Malaysia, 12 Indonesia, dan 7 Australia," demikian pengumuman pihak maskapai yang Liputan6.com kutip dari Reuters.

Juga ada 3 warga AS, 3 warga Prancis, dan masing-masing 2 penumpang dari Selandia Baru, Ukraina, dan Kanada. Serta masing-masing satu penumpang dari Italia, Taiwan, Belanda, dan Austria.

Namun, dalam rilis ketiga yang dilansir situs Malaysia Airlines, penumpang yang berasal dari Indonesia disebut berjumlah 7 orang, sementara dari India 5 orang.

Penerbangan MH 370 meninggalkan Kuala Lumpur pada pukul 00.21 waktu setempat dan dijadwalkan mendarat di Beijing pada pukul 06.30 waktu Tiongkok.

Kontak terakhir dengan pengendali lalu lintas udara atau air traffic controllers dilakukan pada posisi 120 mil laut perairan timur Kota Bharu, Malaysia.

Baca juga:

Petinggi AL Vietnam: Pesawat Malaysia Airlines Jatuh ke Laut

Ada 12 WNI di Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang

Misteri Keberadaan Pesawat Malaysia Airlines, Hilang di Langit Vietnam?

Pesawat Malaysia Airlines Menuju Beijing Hilang Kontak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini