Misteri Keberadaan Pesawat Malaysia Airlines, Hilang di Langit Vietnam?

on

Liputan6.com, Kuala Lumpur Keberadaan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 masih misterius. Burung besi itu dilaporkan hilang kontak dengan pengendali udara Subang, Malaysia pukul 02.40 waktu setempat, Sabtu 8 Maret 2014.

Seperti dikabarkan Reuters, pesawat maskapai negeri jiran itu diduga hilang di  wilayah udara dikendalikan oleh Vietnam, Sabtu dini hari.

Pesawat tersebut tak sempat memasuki wilayah udara China dan tak melakukan kontak dengan pengendali udara di Tiongkok, demikian diungkap kantor berita China, Xinhua.

Sejauh ini pihak China belum menerima laporan adanya kecelakaan udara di wilayah perairannya.  

Pesawat tersebut mengangkut 239 orang, penumpang dan kru. Pihak maskapai dalam pernyataannya mengatakan, pesawat MH370 menghilang pukul 02.40 waktu setempat, Sabtu 8 Maret 2014.

"Malaysia Airlines saat ini bekerja sama dengan aparat mengaktifkan tim SAR untuk mencari tahu lokasi pesawat," demikian pernyataan Malaysia Airlines seperti dimuat BBC, Sabtu (8/3/2014).

Pihak maskapai kepada NBC News mengatakan, pencarian sedang dilakukan atas pesawat  Boeing 777-200 -- yang punya reputasi sebagai pesawat yang aman.

Malaysia Airlines telah membeli lebih dari 1.000  Boeing 777 sejak 1995. National Transportation Safety Board mendata, kecelakaan terkait pesawat jenis itu kurang dari 60 insiden sejak 1997, kebanyakan kecelakaan kecil.

Catatan pesawat itu nyaris bersih sampai terjadi tragedi kecelakaan Asiana Airlines di Bandara Internasional San Francisco Juli 2013 lalu. Tiga orang tewas dalam insiden itu sementara 200 lainnya dilarikan di rumah sakit.

Baca juga:

Pesawat Malaysia Airlines Menuju Beijing Hilang Kontak

Suka artikel ini?
Elin Yunita Kristanti
Elin Yunita Kristanti

  Full bio »

0 Comments