Sukses

Arab Saudi-Uni Emirat Arab-Bahrain Tarik Dubes dari Qatar

Tiga negara teluk tersebut menarik duta besarnya (dubes) dari Qatar karena merasa urusan dalam negerinya diintervensi.

Liputan6.com, Doha - Tiga negara teluk di Timur Tengah, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain menarik duta besarnya (dubes) dari Qatar karena merasa urusan dalam negerinya diintervensi.

Ketiga negara tersebut menilai Qatar gagal dalam menerapkan kesepakatan keamanan yang ditandatangani pada 2013 untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri masing-masing, termasuk tidak mendukung media yang bermusuhan.

Qatar mendanai stasiun TV Al-Jazeera, yang peliputannya di dunia Arab sudah lama dinilai terus mencurigai Arab Saudi. Al-Jazeera dituding para pengkritiknya terlalu dekat dengan kelompok Ikhwanul Muslimin yang dilihat Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sebagai ancaman.

Media kawasan melaporkan, keputusan penarikan duta besar itu diambil dalam pertemuan para menteri luar negeri 6 negara teluk yang bergabung dalam Dewan Kerja Sama Teluk, GCC, yang berlangsung hingga Selasa 4 Maret 2014 malam di Riyadh.

"Negara-negara GCC sudah melakukan upaya besar untuk menghubungi Qatar pada semua tingkat untuk menyepakati satu kebijakan bersama untuk menjamin tidak ada campur tangan, baik secara langsung maupun tidak langsung, atas urusan dalam negeri setiap anggota," tulis pernyataan Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab.

Seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/3/2014), Dewan Kerja Sama Teluk, GCC, didirikan pada tahun 1981 yang beranggotakan Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. (Mevi Linawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini