Sukses

Datangi Bappenas, Jokowi: Banyak Detail yang Harus Dirampungkan

Pertemuan antara pihak Pemprov DKI yang dipimpin oleh Jokowi dengan Kementerian PPN/Bapenas berlangsung tertutup.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menemui Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana di kantornya di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Kedatangan Jokowi, untuk membahas beberapa program besar yang akan dilakukan Pemprov DKI dan Pemerintah pusat. Salah satunya adalah rencana pembangunan Giant Sea Wall.

Pertemuan antara pihak Pemprov DKI yang dipimpin oleh Jokowi dengan Kementerian PPN/Bapenas berlangsung tertutup, dan berlangsung sekitar 1 jam. Usai pertemuan tersebut, Jokowi mengungkapkan beberapa program yang dibahas yaitu mengenai kelanjutan pembangunan monorail, MRT, pembangunan jalur kereta layang dan beberapa program besar lain seperti Giant Sea Wall.

"Tadi memang banyak hal yang secara detail harus kita rampungkan. Baik mengenai monorail, mengenai saverige (air limbah), mengenai Giant Sea Wall, mengenai MRT, mengenai elevated train, mengenai air minum, banyak sekali," ujar Jokowi, Rabu, (5/3/2014).

Jokowi mengatakan pembahasan tersebut meliputi hal pembiayaan dan dukungan pemerintah pusat terhadap program-program tersebut, terlebih menurutnya program yang dibahas itu tidak dapat berjalan tanpa adanya dukungan pemerintah pusat.

"Ya, kita minta didukung, macem-macem, tergantung program proyeknya, yang jangka pendek, panjang, tengah. Karena yang pendek ini ada perusahaan yang kecil-kecil juga. Dan ini kan perlu kita libatkan. Sama, begitu pun yang tengah," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Armida menambahkan pertemuan antara pemprov DKI dan Bapenas bersifat kordinatif, dan selama ini pihak pemprov DKI dan Bapenas telah rutin melakukan kordinasi melalui para pejabatnya.

"Saya tambahkan, ini sifatnya koordinasi saja. Jadi sebetulnya di level eselon, ada Pak Dedi, Bu Yani. Bappeda DKI kita sering sudah rutin koordinasi bahkan setiap minggu untuk membicarakan project," tuturnya.

Terkait kedatangan Jokowi ke tempatnya, Armida mengaku pertemuan dengan Jokowi hanya untuk bersilaturahmi, terlebih kunjungan Jokowi ke kantor Bapenas merupakan yang pertama kali dilakukan sejak ia menjadi gubernur.

"Jadi intinya Pak Gubernur ini kan tetangga (rumah dinas Jokowi berdekatan) dengan Bappenas, tapi baru sekarang punya kesempatan mampir. Dan ini kita bahas lagi; baik yang lagi berjalan, maupun akan datang, misalnya giant sea wall, kemudian yang on going MRT, monorel," urai Armida.

Armida pun berharap, dengan menjalin koordinasi yang baik, program-program yang saat ini tengah dikerjakan oleh Pemprov DKI dapat terus berjalan tanpa hambatan.

"Kita itu kan berkoordinasi supaya cepat selesai program yang sedang berjalan, karena banyak infrastrultur DKI sebagai kota megapolitan kan mendesak, jadi bagaimana cara dalam koordinasi ini kita akan mempercepat pembangunan. Gitu aja," tukas Armida. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

Jakarta Monorail Temui Jokowi, Bahas Karcis dan Teknis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Monorail