Sukses

Sumber Ledakan Berasal dari Gudang Amunisi Pasukan Katak TNI AL

"Ledakan berasal dari gudang amunisi Pasukan Katak TNI AL yang berada di Pondok Dayung," kata Iskandar Sitompul.

Liputan6.com, Jakarta - Sumber ledakan yang dentumannya terdengar hingga radius sekitar 3 kilometer di Tanjung Priok, Jakarta Utara, berasal dari gudang amunisi Pasukan Katak TNI Angkatan Laut. Belum diketahui penyebab ledakan tersebut.

"Ledakan berasal dari gudang amunisi Pasukan Katak TNI AL yang berada di Pondok Dayung," kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Sampai saat ini, penyebab ledakan masih dalam penyelidikan. Markas Besar TNI telah mengirim tim untuk menyelidiki ledakan yang terjadi pada pukul 10.30 WIB itu.

"Sekarang sedang diselidik dari tim TNI AL apa penyebabnya. Sampai sekarang belum diektahui," ujar dia.

Menurut Iskandar, di gudang itu tersimpan sejumlah amunisi. Termasuk amunisi senjata laras panjang dan laras pendek.

Namun dia belum mengetahui apakah sumber ledakan itu berasal dari bom yang tersimpan. "Belum sampai di sana, kami serahkan ke tim investigasi," ujar Iskandar.

Ada 25 anggota TNI AL yang terluka. Iskandar memastikan tidak ada warga sipil yang mengalami luka-luka. "Karena lokasi latihan Pasukan Katak itu terisolir, di Pondok Dayung," tambah adik kandung politisi Demokrat Ruhut Sitompul ini.

Ledakan itu terdengar cukup keras hingga radius 3 kilometer. Tak hanya suara, getaran akibat ledakan ini juga dirasakan hingga radius 1 kilometer. (Ismoko Widjaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini