Sukses

RZ Recovery 61.701 Korban Pasca Bencana

Rumah Zakat (RZ) targetkan bantu recovery 61.701 korban bencana nasional yang telah dibantu di masa tanggap darurat.

Citizen6, Jakarta Rumah Zakat (RZ) targetkan bantu recovery 61.701 korban bencana nasional yang telah dibantu di masa tanggap darurat. Recovery yang dilakukan berupa bantuan program budidaya lele, veltikultur, bantuan wirausaha, pelatihan produktif, bantuan kelas anak juara, permut (operasi semut), dan kokohkan yang roboh.

Program-program tersebut bertujuan untuk memulihkan kehidupan korban bencana. Pemilihan program berdasarkan hasil assesment di setiap daerah bencana.

RZ bersama mitra melakukan recovery untuk masyarakat yang terkena dampak bencana dalam bidang ekonomi, pemulihan mental dan perbaikan infrastruktur.

"Tiga bidang itu yang mendapat dampak terbesar dari bencana alam," ujar Heny Widiastuti, Chief Executive Program RZ, Selasa 4 Februari 2014.

Heny menuturkan inovasi program recovery ini berjalan sejak 2014 dan beberapa program telah tereksekusi.

"Pelatihan skill produktif telah diadakan di lokasi pengungsian korban Sinabung. Para ibu dan anak-anak  dilatih membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Pemulihan mental pasca bencana pun dilakukan di lokasi pengungsian Kelud," tuturnya.

Program recovery pemulihan ekonomi diberikan dalam bentuk bantuan modal, sarana usaha serta sarana penunjang aktivitas usaha. Ini merupakan usaha untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi penerima manfaat dalam melakukan aktivitas ekonomi. Sebelum mendapatkan bantuan usaha, calon penerima manfaat disurvei kondisinya.

"Penerima manfaat juga mendapatkan pendampingan dari mentor yang telah berpengalaman dalam menjalankan usaha. Mereka pun akan diikutkan dalam training wirausaha yang diadakan berbagai lembaga atau komunitas kewirausahaan," terang Heny. (mar)

Penulis
Sari Asih Rahmawati
Twitter: @sayasih
Bigsmileindonexxx@gmail.com

Baca juga:
Hari Gizi, RZ Lakukan Aksi Sehat ke Pulau Terpencil
Hari Gizi, RSUZA Salurkan Makanan Sehat
Anak Korban Kelud Ceria Bersama RZ

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini