Sukses

Ups, Paus Fransiskus Ucapkan Kata `Kotor`

Menyadari mengucapkan kata 'kotor' dalam pidato mingguannya di Vatikan, Paus Fransiskus sempat terdiam sesaat.

Liputan6.com, Vatikan - Siapa tak kenal dengan sosok pemimpin umat Katolik dunia yang begitu sederhana, Paus Fransiskus. Paus yang terkenal rendah hati itu selalu membuat umatnya di mana pun merasa damai, terutama saat pengakuan dosa dengannya.

Namun, kali ini Paus asal Argentina itu tidak sengaja melontarkan kata-kata 'kotor' dalam bahasa Italia. Menyadari mengucapkan kata 'kotor' dalam pidato mingguannya di Vatikan, Paus Fransiskus sempat terdiam sesaat dan kembali melanjutkan pidato.

"Jika masing-masing dari kita tidak mengumpulkan kekayaan hanya untuk diri sendiri, tapi setengahnya untuk melayani orang lain, di sini si***n (terdiam), dalam hal ini kasih Allah akan terlihat melalui sikap solidaritas," ucap Paus kepada umatnya dalam bahasa Italia, di lapangan Santo Petrus seperti dimuat media Italia dan Australia, News.com.au, yang dikutip Liputan6.com, Selasa (4/3/2014).

Paus, seharusnya menggunakan kata dalam bahasa Italia untuk 'contoh' yakni 'caso'. Namun sebaliknya, ia malah menggunakan kata 'cazzo' yang dalam bahasa Italia asalah sinonim untuk empat huruf yang bermakna  'kotor'.

Video 'kotor' Paus bernama lengkap Mario Bergoglio itu langsung booming di website Italia dan cepat tersebar di situs berbagi video YouTube.

Kendati demikian, Paus berusia 77 tahun itu menyikapi dengan tetap tenang. Salah seorang rekannya, atas nama Paus,  akhirnya memberikan keterangan Internet, menyatakan itu adalah kesalahan umum untuk penutur asli Spanyol ketika mereka berbicara dalam bahasa Italia.

Secara harafiah, kata 'caso' yang disebutkan Paus menjadi 'cazzo' juga sinonim untuk organ intim laki-laki atau kata makian. Sejauh ini belum ada komentar dari juru bicara Vatikan terkait video tersebut. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

[VIDEO] `Superpope` Paus Fransiskus Jadi Cover Majalah Rolling Stone

Merpati Perdamaian Paus Fransiskus Diserang Burung Gagak

Paus Fransiskus: Internet Hadiah dari Tuhan, Tapi...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini