Sukses

Badrodin Haiti Resmi Jadi Wakapolri

Komjen Pol Badrodin Haiti resmi menjadi Wakil Kapolri (Wakapolri) menggantikan Komjen Pol Oegroseno.

Liputan6.com, Jakarta- Komjen Pol Badrodin Haiti resmi menjadi Wakil Kapolri (Wakapolri) menggantikan Komjen Pol Oegroseno dalam upacara serah terima jabatan yang dipimpin Kapolri Jenderal Sutarman di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, pagi ini.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (4/3/2014), Badrodin menerima tongkat komando Wakapolri dari Oegroseno. Badrodin kemudian mengucapkan sumpah dan janji jabatan sebagai Wakapolri.

Dalam sumpahnya, Wakapolri diminta untuk tidak akan melakukan perbuatan korupsi, kolusi, nepotisme dan gratitifikasi berupa apa saja dan dari siapa saja yang patut diduga untuk menggerakkan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban dan jabatan.

Kapolri Jenderal Pol Sutarman, dalam sambutannya, menyatakan, serah terima jabatan dari Oegroseno ke Badrodin mempunyai makna strategis dalam proses estafet kepemimpinan dan upaya regenerasi Polri.

"Agar Polri dapat melaksanakan tugas sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Polri dan Undang-Undang lainnya," kata Sutarman.

Kapolri berharap, Badrodin dapat memegang teguh komitmen dalam memberantas kejahatan dan ketidakadilan dan memantapkan kinerja organisasi.

"Melalui sertijab dengan didasarkan pada manajemen SDM, pejabat baru diharapkan mampu terus berpegang teguh komitmen yang terbaik, berantas kejahatan massal terkait ketidakadilan dan kinerja oranisasi," ujarnya.

Sutarman menambahkan, perkembangan global, dunia informasi teknologi, transportasi, dan mobilitas arus informasi barang dan jasa manusia sangat cepat. Kondisi ini memacu pertumbuhan transnasional kriminal. "Dan ini memberikan dampak dan menyebar isu tanpa mengenal batas negara," tandas Sutarman. 

Badrodin merupakan alumnus terbaik Akademi Kepolisian 1982 dan meraih Adhi Makayasa. Pria ini lahir  di Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur, 24 Juli 1958.

Jabatan strategis pernah diemban di antaranya Kapolda Sulawesi Tengah (2006-2008), Kepolda Sumatera Utara (2009-2010), Kapolda Jawa Timur (2010-2011), Kabaharkam Polri (2013-2014) dan Wakapolri mulai Maret 2014.

Sementara itu, Oegroseno yang merupakan Akpol 1987 dalam karirnya pernah menjabat Kapolda Sulawesi Tengah (2005-2006), Kapolda Sumatera Utara (2010-2011), Kepala Lembaga Pendidikan Polri (2011-2012), Kabaharkam Mabes Polri (2012-2013), dan Wakapolri (2013-2014). (Yus Ariyanto)

Baca juga:

IPW: Kursi Wakapolri Bukan `Arisan Jenderal`

Wakapolri Oegroseno Didukung Jadi Pimpinan KPK

Sutarman Sudah Kantongi Nama Calon Wakapolri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.