Sukses

[Pekerjaan Impian] Berkreasi di Alam Bebas

"Diam Sekarang, Maka Diam Selamanya". Kalimat tersebut memotivasi mahasiswa semester 6 Jurusan Akutansi ini untuk menggapai impiannya.

Citizen6,Jakarta Bagi sebagian orang, proses menemukan suatu pekerjaan tak semudah yang dibayangkan. Terkadang, setelah mendapatkan pekerjaan dengan upah yang cukup tinggi, seseorang justru meninggalkannya dan mencari pekerjaan yang lain. Hal ini terjadi karena materi bukanlah satu-satunya tujuan seseorang dalam bekerja.

Manusia bukanlah mesin ataupun robot yang selalu patuh pada instruksi, mereka juga menginginkan suasana nyaman dalam bekerja. Untuk itu, seseorang hendaknya memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keinginan serta keahlian yang mereka miliki.

Dari sinilah mulai terlintas dalam pikiran mahasiswa semester 6 Jurusan Akutansi di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakrata ini tentang pekerjaan apa yang ingin dijalaninya usai masa studi nanti.

Satu hal yang menyadarkannya, ketika melihat spanduk acara yang diadakan oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus, pada spanduk tersebut terpampang kalimat "Diam Sekarang, Maka Diam Selamanya". Kalimat tersebut cukup besar memberikan dampak pada cara berpikirnya.

"Makna yang saya dapat dari kalimat tersebut adalah sebuah motivasi diri untuk menghilangkan rasa malas, pesimis, serta putus asa dalam mencapai suatu tujuan. Cita-cita setinggi apapun tak akan pernah terwujud jika hanya sebatas mimpi tanpa mengambil tindakan," ungkap Anggara Aji Wijayanto.

Hal inilah yang membangkitkan semangatnya hingga saat ini untuk terus berusaha dalam menemukan pekerjaan impian. Bergabung dengan salah satu organisasi pecinta alam di kampus adalah awal dimana Anggara mulai mengenal dan belajar tentang organisasi.

Pada kegiatan tersebut semua penggiat diwajibkan membuat laporan perjalanan berupa artikel yang menceritakan berlangsungnya kegiatan di lapangan beserta dokumentasi foto maupun video. Kebiasaan inilah yang membuatnya tertarik untuk mendalami dunia jurnalistik.

Pekerjaan sebagai seorang jurnalis alam bebas bagi Anggara sangat menantang dan mengasyikkan. Di bayangannya apabila ia ditugaskan ke suatu daerah di Indonesia untuk  meliput kehidupan suku-suku pedalaman, menyaksikan pertunjukan dan tarian adat, mencicipi berbagai makanan tradisional, atau menyusuri keindahan pantai-pantai di Indonesia timur menggunakan perahu tradisional, sambil menuangkan fakta-fakta yang ada kedalam sebuah tulisan, akan menjadi suatu impian yang terwujud jika bisa mendapatkan pekerjaan seperti itu.

"Saya yakin, disetiap kemauan pasti ada jalan.  Doa saya panjatkan kepada yang kuasa agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mewujudkan sebuah harapan. Saya percaya, semangat serta sikap optimis akan mengiringi langkah saya, dalam menggapai cita-cita menjadi seorang jurnalis alam bebas," ucap Anggara. (Mar)

Penulis
Anggara Aji Wijayanto
Purworejo, anggarxxx@gmail.com

Baca juga:
[Pekerjaan Impian] Berbagi Wawasan Itu Membuat Bersemangat
[Pekerjaan Impian] Pandan Mendesain Kebaya Sejak SMA
[Pekerjaan Impian] Internet Mempermudah Segalanya


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.