Sukses

Kena Banjir Lagi, Warga Kampung Pulo Resah

Padahal, sebagian banyak warga Kampung Pulo sudah menurunkan barang-barang rumah tangganya dari lantai atas.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir kembali melanda kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Air menggenangi kawasan itu mencapai 1,5 meter. Permukiman padat penduduk ini belum juga luput dari banjir selama hampir 2 bulan belakangan ini.

Salah seorang warga, Qosim mengatakan cukup lelah dengan kondisi banjir ini. Banjir datang dan pergi terus menerus. "Baru saja kering, sudah dibanjirin lagi. Kapan selesainya," kata warga RT 3 RW 3 itu, Jakarta, Senin (3/3/2014).

Qosim mengaku, dirinya sudah sempat menurunkan barang-barang dari lantai 2 rumahnya. Padahal, ia menduga, setelah 5 kali datang dan pergi, banjir tak akan melanda lagi. Tapi kenyataan berkata lain, banjir belum juga beranjak.

"Sudah diturunin kemarin, dateng lagi nih banjir, naikin lagi. Capek juga kalau gini," keluh Qosim.

Banjir yang terus-menerus melanda rumahnya membuat Qosim berubah pikiran. Ia bersedia menerima tawaran pindah ke rumah susun yang ditawarkan Pemprov DKI. Namun, ia masih menunggu tawaran terbaik dari pemerintah.

"Kalau harganya bagus, mau direlokasi. Lagian sampai sekarang belum ada sosialisasi lagi. Baru diajak lihat-lihat unit rusun doang," tandasnya.

Sementara, Camat Jatinegara Sofian Taher mengatakan, sedikitnya 7 RW terendam banjir setinggi 30-150 centimeter. Tak kurang dari 1.508 Kepala Keluarga (KK) dan 3.427 jiwa menjadi korban banjir.

"Kami sudah siapkan posko pengungsiantor Sudin Kesehatan Jakarta Timur dan RS Hermina. Di Sudin ada 27 jiwa dan di RS Hermina ada 152 jiwa. Jadi ada sekitar 170 jiwa yang mengungsi," tandas Sofian. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Air dari Bogor Tiba, Kampung Pulo Terendam 1,5 meter

[VIDEO] Banjir Kiriman Kembali Melanda Bukit Duri

600 Warga Kampung Pulo Kembali Mengungsi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.