Sukses

18 Ribu Rumah di Bandung Kebanjiran, Ketinggian Air 2-3 Meter

Banjir yang merendam permukiman warga di 3 kecamatan itu berasal dari luapan Sungai Citarum.

Liputan6.com, Bandung - Sekitar 18 ribu rumah di Kecamatan Bojongsoang, Baleendah dan Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir. Banjir yang merendam permukiman warga itu berasal dari luapan Sungai Citarum.

"Laporan terakhir anggota kami, air mulai masuk ke permukiman warga di tiga kecamatan tersebut sejak pukul dua dini hari tadi," kata Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bandung Dadang Wahidin ketika dihubungi Senin (3/3/2014).

Dadang menuturkan, saat ini warga di 3 kecamatan tersebut sudah mengungsi ke tempat yang aman, seperti Rusunawa Baleendah dan kantor kecamatan setempat. "Warga sekarang sudah mengungsi ke tempat aman, seperti kantor kecamatan dan rusunawa," tutur dia.

Menurut dia, ketinggian air di 3 kecamatan itu bervariasi, yakni di Kecamatan Baleendah ketinggian air mencapai 2,8 meter, lalu Kecamatan Dayeuhkolot sekitar 3 meter, dan Kecamatan Bojongsoang sekitar 2,2 meter. Dadang menambahkan, meluapnya air Sungai Citarum disebabkan hujan deras yang melanda wilayah Bandung sejak Minggu 2 Maret malam.

"Memang sejak malam hingga dini hari tadi hujan melanda Kota Bandung. Dan tiga kecamatan yang terendam banjir sekarang ialah lokasi pertemuan empat anak sungai yakni Cikampundung, Citepus, Cisangkuy dan Sungai Citarum," ujar Dadang. (Ant/Yus Ariyanto)

Baca juga:

Jembatan di Garut Ambruk, Pengendara Motor Hanyut

Walikota Bogor: Katulampa Horor bagi Warga Jakarta

Tak Hujan, Kawasan Mangga Dua Banjir Sekitar 20 Cm

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini