Sukses

BJ Habibie Resmikan Nama Ayah Jadi Jalan di Gorontalo

BJ Habibie berkunjung ke Gorontalo yang juga merupakan kampung halamannya.

Liputan6.com, Gorontalo Mantan presiden Baharuddin Jusuf Habibie meresmikan Jalan Prod DR BJ Habibie dan Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie yang berada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (2/3/2014). Habibie pun gembira menyambut pengakuan itu.

"Saya mewakili keluarga Habibie sangat bangga ketika nama ayah saya diabadikan sebagai nama jalan di Gorontalo ternyata sosok yang sangat peduli terhadap pendidikan. Pada kunjungannya di Gorontalo, presiden ke-3 RI ini menekankan kepada seluruh lapisan masyarakat, dan pemerintah daerah untuk tetap peduli terhadap pendidikan, bahkan tidak tanggung tanggung, Habibie meminta agar Gorontalo menjadi pusat pendidikan dan kebudayaan.

"Gorontalo harus jadi pusat pendidikan dan kebudayaan, ini sudah mulai terlihat, di Universitas Negeri Gorontalo kemarin, mahasiswanya sekitar 60 % dari luar Gorontalo, sisanya baru orang Gorontalo semua," tutur Habibie.

Sebelumnya, pada jumat kemarin, Habibie juga telah memberikan tanah seluas 50 hektar yang diperuntukan bagi pengembangan kampus Universitas Negeri Gorontalo.

Minta Waduk dumbaya Diselesaikan Secepatnya.

Selain itu, Habibie juga mendesak Pemerintah Daerah Gorontalo untuk segera menyelesaikan pembuatan Waduk Dumbaya Bulan yang terletak di Kabupaten Bone Bolango. "Ya pembangunan waduk harus segera diselesaikan," ujar Habibie.

Sementara Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengaku bakal menyanggupi keinginan salah satu tokoh pembangunan industri dirgantara tanah air itu. Kini pihaknya tinggal menunggu revisi desain yang sempat mengalami perubahan.

"Sekarang pembangunan waduk itu akan segera dilanjutkan, kita tinggal menunggu revisi desain waduk yang ada sedikit perubahan,"kata Rusli Habibie

Lebih lanjut Rusli Habibie juga menjelaskan, pembangunan waduk dumbaya bulan tersebut memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah mengantisipasi adanya banjir di Gorontalo, dan menjadi pembangkit listrilk.

"Pembangunan waduk itu sangat berfungsi buat mengantisipasi adanya banjir di Gorontalo, dan bisa juga menjadi pembangkit listrik tenaga air atau PLTA," pungkas Rusli

Gorontalo sendiri memang menjadi langganan banjir ketika musim penghujan tiba, beberapa lokasi seperti Kota Gorontalo sering terendam air, jika diguyur hujan baik dalam intensitas rendah maupun tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.