Sukses

40 Caleg Demokrat Belum Laporkan Ongkos Kampanye Pemilu

Menjadi yang 'terbontot' menyerahkan laporan dana kampanye Pemilu 2014, Partai Demokrat masih 'berhutang' pada KPU.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi yang 'terbontot' menyerahkan laporan dana kampanye Pemilu 2014, Partai Demokrat masih 'berhutang' pada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, masih ada 40 caleg partai besutan Presiden SBY itu yang belum melaporkan ongkos kampanyenya.

"Ada sekitar 40 caleg," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Nurpati di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/3/2014).

"(Alasannya) Hal-hal teknis, yang teman-teman caleg sudah berada di dapil (daerah pemilihannya)-nya masing-masing, ada hambatan komunikasi karena ketika kita menghubungi nomor HP yang bersangkutan. Karena kalau sudah di kampung-kadang sinyalnya nggak ada, kita coba lagi, coba lagi."

Andi menuturkan, dari 40 caleg itu, ada 4 yang sudah menyerahkan laporan dana kampanyenya. Namun laporan mereka masih dinilai kurang lantaran tak ada tandatangan yang bersangkutan.

"Ada sekitar 3-4 orang yang sudah melaporkan, tapi minus tanda tangan. Mungkin itu tim suksesnya yang menyerahkan, tapi kan harus ada tanda tangannya. Jadi harus ada tanda tangan yang bersangkutan," ujarnya.

Partai Demokrat sendiri, lanjut Andi, tak akan tinggal diam. Peringatan bakal diberikan kepada caleg yang belum melengkapi laporannya. Pencalegan mereka bisa saja didiskualifikasi.

"Kami juga ingin mengingatkan kepada para caleg bahwa ingat ada sanksi dari UU Pemilu ini, termasuk juga diperkuat dengan peraturan KPU apabila caleg tidak memberikan dana kampanye yang di antaranya ada diskualifikasi sebagai caleg."

"Tapi yang pasti bahwa pada periode terakhir nantinya seluruh caleg Partai Demokrat, khususnya DPR mudah-mudahan mereka bisa menyelesaikan laporan dana kampanyenya," harap Andi.

Baca juga:

Terakhir Lapor ke KPU, Ongkos Kampanye Demokrat Tembus Rp 129 Miliar

Ongkos Kampanye Partai Hanura Rp 104 Miliar

Lapor ke KPU, Dana Kampanye Partai Golkar Rp 99 Miliar

Dana Kampanye PPP Mencapai Rp 95,8 Miliar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini