Sukses

Terakhir Lapor ke KPU, Ongkos Kampanye Demokrat Tembus Rp 129 Miliar

Partai Demokrat menjadi partai terakhir yang menyerahkan laporan dana kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat menjadi partai terakhir yang menyerahkan laporan dana kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ongkos kampanye partai besutan Presiden SBY itu dilaporkan mencapai Rp 129 miliar.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Nurpati mengatakan, dana kampanye ratusan miliar rupiah itu didapatkan dari para caleg. Namun bagaimana dan kemana dana itu dialirkan, Andi masih belum bisa membeberkannya.

"Itu dari caleg semua. kali ini DPP Partai Demokrat belum bisa melaporkan yang tahap ke-2 ini laporan dana kampanyenya, karena memang prosesnnya masih berlangsung," kata Andi di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/3/2014).

"Misalnya cetak-cetak bendera, kemudian cetak-cetak baju kaos, ini masih proses semua sehingga kita tidak bisa melaporkan penggunaaan dana kampanyenya."

Dia mengakui, ada sejumlah kendala teknis dalam proses pengumpulan dana kampanye partainya. Sementara masih ada pula caleg-caleg Demokrat yang belum memberikan laporan dana kampanyenya.

"Ada sedikit teknis saja. Yang perlu saya sampaikan, Partai Demokrat untuk caleg DPR, sebanyak sekitar Rp 129 miliar dana kampanye yang sempat dilaporkan pada periode ke-2 ini DPP," kata Andi.

"Kami coba memetakannya, ada dokumen asli, ada fotocopy-nya yang kita serahkan ke KPU juga. Jadi tidak hanya satu file saja. Jadi penggandaan dokoumen ini yang harus menyerahkan 1 box," pungkas Andi.

Baca juga:

Ongkos Kampanye Partai Hanura Rp 104 Miliar

Lapor ke KPU, Dana Kampanye Partai Golkar Rp 99 Miliar

Dana Kampanye PPP Mencapai Rp 95,8 Miliar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini