Sukses

Taliban Pakistan Umumkan Gencatan Senjata Selama Sebulan

Gencatan senjata ini dalam rangka menghidupkan kembali upaya perdamaian dengan pemerintah setempat.

Liputan6.com, Pakistan - Taliban di Pakistan mengumumkan gencatan senjata selama 1 bulan. Gencatan senjata ini dalam rangka menghidupkan kembali upaya perdamaian dengan pemerintah setempat.

Seperti dilansir BBC, Minggu (2/3/2014), pengumuman ini disambut pemerintah sebagai 'perkembangan positif' dan menyatakan kesiapan untuk melanjutkan kembali perundingan damai kedua pihak.

Juru bicara kelompok Taliban Shahidullah Shahid mengatakan, gencatan senjata dilakukan karena 'tanggapan positif' pemerintah, permohonan para ulama serta demi kebaikan masa depan Pakistan.

Namun Shahid mendesak pemerintah mengabulkan permintaan Taliban. Termasuk penghentian serangan udara dengan pesawat tanpa awak (drone) milik AS, dan pengenalan berlakunya hukum syariah.

Pemerintah Pakistan sendiri hingga kini belum menjawab desakan itu. Namun menurut seorang penasihat perdana menteri, pengumuman Taliban ini adalah terobosan penting.

Sementara kepada media lokal seorang pejabat tinggi kementerian dalam negeri Pakistan mengatakan telah bicara kepada tim perunding Taliban setelah pengumuman dibuat Taliban. Kedua kubu, menurut sang pejabat, sedia bertemu dan berunding kembali dalam satu-dua hari.

Pembicaraan damai macet bulan lalu setelah muncul klaim dari kelompok militan dukungan Taliban yang mengakui membunuh 23 tentara pemerintah yang mereka culik.

Pemerintah Pakistan membalas dengan serangan udara di barat-laut wilayah negara itu yang diduga menjadi lokasi berlindung kubu militan.

Milisi Taliban baik di Pakistan maupun Afghanistan menggencarkan serangan terhadap kekuatan pemerintah menjelang habisnya misi internasional pada tahun 2014. Ratusan korban tewas akibat serangan bom dan tembakan bersenjata dalam beberapa serbuan terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.